Penerapan model pembelajaran think talk write untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pare Kabupaten Kediri / Achmad Rohmatulloh Ali Akbari

Akbari, Achmad Rohmatlloh Ali (2018) Penerapan model pembelajaran think talk write untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pare Kabupaten Kediri / Achmad Rohmatulloh Ali Akbari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Akbari Achmad Rohmatulloh Ali. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pare. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Dra. Yuswanti Arianti Wirahayu M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Think Talk Write Kemampuan menulis karya ilmiah. Pembelajaran menulis karya ilmiah di sekolah tidak dilakukan secara khusus. Pembelajaran menulis karya ilmiah hanya merupakan bagian kecil dari pelajaran bahasa dan sastra indonesia. Pembelajaran menulis karya ilmiah juga jarang diterapkan di mata pelajaran lain termasuk geografi. Pengembangan kompetensi menulis karya ilmiah kepada siswa hanya sebagian kecil dari pembelajaran di kelas sehingga kemampuan tersebut kurang merata dimiliki oleh siswa. Bahkan dari pembinaan guru terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa kurang optimal. Siswa hanya memperoleh nilai dan masukan dari tugas yang diberikan tetapi siswa tidak mengetahui kelemahan dan kelebihan dari karya yang telah dibuatnya. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pare dalam menulis karya ilmiah dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian tersebut termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahapan yakni (1) Tahap Observasi Awal (2) Tahap Perencanaan (3) Tahap Pelaksanaan (4) Tahap Refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yakni membandingkan diagram batang kemampuan menulis karya ilmiah siswa pada siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian karya ilmiah siswa lembar observasi dan LKS. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah siswa dari setiap siklus sebagai berikut persentase kemampuan menulis karya ilmiah siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 184 4 atau sebesar 46 11% sedangkan persentase kemampuan menulis karya ilmiah pada siklus II memperoleh rata-rata skor 231 atau sebesar 57 64%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karya ilmiah siswa telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53686

Actions (login required)

View Item View Item