Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada materi Atmosfer kelas X Geografi di SMAN 1 Bangsal / Ramania Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada materi Atmosfer kelas X Geografi di SMAN 1 Bangsal / Ramania Putri

Putri, Ramania (2018) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada materi Atmosfer kelas X Geografi di SMAN 1 Bangsal / Ramania Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Putri Ramania. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Pada Materi Atmosfer Kelas X Di SMAN 1 Bangsal. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hendri Purwito M.si (II) Drs. Yusuf Suharto M.pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kemampuan Berpikir Analitis Model pembelajaran kooperatif dapat diterapkan dalam berpikir analitis peserta didik ialah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki kelebihan yaitu adanya suatu permasalahan yang harus dipecahkan secara individu maupun kelompok menjadikan peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X pada materi atmosfer. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimen with post test Control Group Design yang dilaksanakan di SMAN 1 Bangsal. Analisis data yang digunakan menggunakan Independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Rancangan dalam penelitian ini di awali dengan pemilihan kelas yang dipilih tidak secara random. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test menunjukan Sig

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53685

Actions (login required)

View Item View Item