Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UM ditinjau dari tingkat kecerdasannya / Risma Prameswari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UM ditinjau dari tingkat kecerdasannya / Risma Prameswari

Prameswari, Risma (2018) Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UM ditinjau dari tingkat kecerdasannya / Risma Prameswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prameswari Risma. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation pada Mata Pelajaran Geografi terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS SMA Laboratorium UM Ditinjau dari Tingkat Kecerdasannya. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H. M.Pd. M.Si. (II) Dra. Yuswanti A.W. M.Si. Kata Kunci Group Investigastion (GI) kemampuan berpikir analitis tingkat kecerdasan Kemampuan berpikir analitis sangat perlu dimiliki siswa. Kemampuan berpikir analitis siswa dapat dipengaruhi oleh tingkat kecerdasannya. Selain tingkat kecerdasan terdapat hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam kemampuan berpikir analitis yaitu pemilihan model pembelajaran yang sesuai seperti Group Investigation (GI). Model pembelajaran GI dipilih sebab sesuai dengan kurikulum 2013 dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis dan sesuai diterapkan pada pembelajaran geografi. Selain itu kelebihan model pembelajaran GI yaitu meningkatkan interaksi sosial keaktifan dan pengalaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa ditinjau dari tingkat kecerdasannya. Penelitian ini termasuk dalam quasi experiment dengan posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UM. Kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir analitis menggunakan tes sedangkapn teknik pengumpulan data tingkat kecerdasan menggunakan dokumentasi. Analisis data menggunakan anava dua jalan dengan signifikansi 5% dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran GI pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa ditinjau dari tingkat kecerdasannya. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai signifikansi kelas yang menggunakan model pembelajaran GI dengan tingkat kecerdasan adalah 0 04 706 0 05 dan nilai rata-ratanya lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran GI ditinjau dari tingkat kecerdasannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan saran yaitu 1) bagi guru geografi diharapkan menerapkan model pembelajaran GI untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa 2) bagi pihak sekolah disarankan menghimbau para guru untuk menerapkan model pembelajaran GI dalam usaha meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa serta meningkatkan mutu sekolah. 3) bagi peneliti lanjut disarankan untuk menguji pengaruh model pembelajaran GI dengan variabel terikat dan variabel moderator yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53684

Actions (login required)

View Item View Item