Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantukan media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah mata pelajaran geografi siswa kelas XI IIS-1 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Santi Nur Aida

Aida, Santi Nur (2018) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantukan media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah mata pelajaran geografi siswa kelas XI IIS-1 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Santi Nur Aida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aida, Santi Nur. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantukan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Mata Pelajaran Geografi Bagi Siswa Kelas XI IPS-1 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M. Si (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si Kata kunci : PBL, Kemampuan Memecahkan Masalah Hasil dari observasi awal diketahui kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 Lawang cenderung rendah. Dibuktikan dari hasil nilai ulangan harian dengan materi ÔÇ£Indonesia sebagai Poros Maritim DuniaÔÇØ hanya 14 siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Pembelajaran di kelas masih sekedar pemberian soal berupa hafalan yang ada di dalam buku. Hal itu berakibat siswa tidak biasa dilatih memecahkan suatu permasalahan khususnya permasalahan yang berada di sekitar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dengan berbantukan media audiovisual. Agar tujuan tersebut tercapai, maka penelitian ini dirancang dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2018. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 Lawang yang berjumlah 33 siswa, instrumen pengumpulan data menggunakan test tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa daripada saat pra tindakan. Persentase kenaikan kegiatan pra-tindakan ke siklus I sebesar 13,83% dan kenaikan siklus I ke siklus II sebesar 16,92%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 Lawang mengalami peningkatan dari pra-tindakan, siklus I, siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi Dinamika Penduduk subbab Permasalahan Akibat Dinamika Penduduk siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 Lawang. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: 1) Bagi guru geografi agar menerapkan model PBL untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa. 2) Bagi peneliti lanjut agar dijadikan referensi atau rujukan pada penelitiannya, khususnya penelitian yang menerapkan model PBL untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53683

Actions (login required)

View Item View Item