Validasi buku teks geografi SMA/MA kelas X terbitan Erlangga tahun 2016 materi pengetahuan dasar geografi / Ilyas Madani

Madani, Ilyas (2018) Validasi buku teks geografi SMA/MA kelas X terbitan Erlangga tahun 2016 materi pengetahuan dasar geografi / Ilyas Madani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Madani, Ilyas. 2018. Validasi Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas X Terbitan Erlangga Tahun 2016 Materi Pengetahuan Dasar Geografi. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Si.,(II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si Kata Kunci: validasi, buku teks Geografi, pengetahuan dasar geografi. Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang penting dalam pem-belajaran. Buku teks dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran dalam kurikulum apabila kualitasnya baik. Buku teks yang baik memiliki isi yang sesuai dengan kurikulum, konsep yang benar, bahasa yang baik dan benar, dan media yang berfungsi. Namun, hasil survei pada materi dalam buku teks Geografi kelas X yang banyak digunakan sekolah negeri di Kota Malang menunjukkan bahwa terdapat kesalahan isi materi, konsep, bahasa, dan media di dalamnya. Oleh karena itu, validasi terhadap materi pada buku teks tersebut perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian isi dengan kurikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, dan keberfungsian media dalam materi Pengetahuan Dasar Geografi pada buku teks Geografi SMA/MA kelas X terbitan Erlangga tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian yang berupa pedoman analisis isi buku teks. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rubrik penilaian buku teks. Hasil analisis dideskripsikan sebagai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan isi materi, konsep, bahasa, dan media pada buku teks. Isi materi yang tidak sesuai dengan kurikulum adalah sebesar 11,1%, kesalahan konsep sebesar 92,3%, kesalahan tanda baca sebesar 6,2%, kesalahan kosakata sebesar 0,9%, kesalahan kalimat sebesar 0,9%, kesalahan paragraf sebesar 17%, dan media yang tidak berfungsi sebesar 71,4%. Dengan demikian, kesesuaian isi materi dengan kurikulum tergolong sedang, kebenaran konsep tergolong rendah, kebenaran bahasa tergolong sedang, dan keberfungsian media tergolong rendah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa materi Pengetahuan Dasar Geografi dalam buku teks Geografi SMA/MA kelas X terbitan Erlangga tahun 2016 belum memiliki kualitas yang baik terutama dari segi konsep dan media. Oleh karena itu, disarankan beberapa hal yaitu: (1) guru yang menggunakan buku teks tersebut harus memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ditemukan sebelum diajarkan kepada siswa, (2) penulis harus merevisi buku teks agar kesalahan isi materi, konsep, bahasa, dan media dapat berkurang, dan (3) penerbit harus menggunakan jasa editor yang kompeten dari segi keilmuan dan kepenulisan agar kesalahan yang serupa dalam buku teks dapat diminimalisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53682

Actions (login required)

View Item View Item