Wati, Elinda Tria (2018) Pengaruh model problem based learning berbantuan lembar kegiatan siswa terhadap kemampuan berpikir analitis mata pelajaran geografi siswa X IPS SMA N 1 Ngunut Tulungagung ditinjau dari motivasi belajarnya / Elinda Tria Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
1 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA X IPS SMA N 1 NGUNUT TULUNGAGUNG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJARNYA ABSTRAK Kemampuan berpikir analitis penting dimiliki oleh siswa karena merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi dan dibutuhkan dalam mempelajari geografi. Kemampuan berpikir analitis siswa dapat ditumbuhkan menggunakan model pembelajaran yang menunjang. Salah satunya adalah model problem based learning berbantuan lembar kegiatan siswa. Model ini dipilih untuk diuji cobakan dalam penelitian ini karena model tersebut didasarkan pada teori konstruktivisme sesuai dengan kurikulum 2013 dan menyajikan permasalahan dunia nyata. Motivasi belajar dipilih sebagai variabel moderator dalam penelitian ini karena motivasi belajar merupakan penggerak dari dalam diri siswa yang memegang peranan penting dalam memberikan gairah semangat dan rasa senang siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model problem based learning berbantuan lembar kegiatan siswa terhadap kemampuan berpikir analitis dan 2) pengaruh model problem based learning berbantuan lembar kegiatan siswa terhadap kemampuan berpikir analitis siswa ditinjau dari motivasi belajarnya. Jenis Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan posttest only control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 1 Ngunut. Penentuan sampel dilakukan dengan memilih dua kelas yang memiliki nilai rata-rata ulangan harian semester ganjil 2017/2018 sama. Selanjutnya penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan teknik tes menggunakan instrumen berupa soal esai untuk mengukur kemampuan berpikir analitis dan teknik non-tes menggunakan instrumen angket motivasi belajar untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji F menggunakan bantuan software SPSS 16.0 for windows dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) model problem based learning berbantuan lembar kegiatan siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis dan 2) model problem based learning berbantuan lembar kegiatan siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa ditinjau dari motivasi belajarnya. Selain itu diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis kelas yang diajar menggunakan model problem based learning berbantuan lembar kegiatan siswa lebih tinggi daripada kelas yang diajar menggunakan model ceramah pada kategori motivasi tinggi sedang maupun rendah. Hal tersebut mengindikasikan bahwa model problem based learning berbantuan lembar kegiatan siswa sama efektifnya jika diterapkan pada siswa baik dengan motivasi belajar tinggi sedang maupun rendah dalam mempengaruhi kemampuan berpikir analitis. 2 Kata Kunci problem based learning lembar kegiatan siswa kemampuan berpikir analitis motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |