Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari aspek motivasi belajar pada mata pelajaran geografi kelas X IIS MA Bilingual Batu / Afianti Nur Janah

Janah, Afianti Nur (2018) Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari aspek motivasi belajar pada mata pelajaran geografi kelas X IIS MA Bilingual Batu / Afianti Nur Janah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Janah Afianti Nur. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Aspek Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IIS MA Bilingual Batu. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci Project Based Learning Kemampuan Berpikir Kreatif Motivasi Belajar Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif melakukan investigasi mandiri secara kelompok untuk mengerjakan proyek yang dapat memperluas pengetahuan konseptual dan prosedural. Model PjBL memiliki kelebihan yang memengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa yang diduga didorong oleh adanya motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari aspek motivasi belajar kelas X IIS MA Bilingual Batu. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu menggunakan desain posttest only control group design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dua kelas yang mempunyai kemampuan rata-rata sama yaitu kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model PjBL dan kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa soal essay sebanyak 4 butir dengan mengacu pada indikator kemampuan berpikir kreatif dan angket sebanyak 20 butir dengan mengacu pada indikator motivasi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes untuk kemampuan berpikir kreatif dan angket untuk motivasi belajar. Analisis data yang menggunakan uji dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas yang menggunakan model PjBL mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan model PjBL dan kemampuan berpikir kreatif kelas yang menggunakan model PjBL ditinjau darimotivasi belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan model PjBL ditinjau darimotivasi belajar siswa. Dari analisis yang dilakukan bahwa nilai probabilitas adalah 0 006. Hasil tersebut menunjukkan nilai probabilitas adalah 0 006 0 05 dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolak dan (H1) dapat diterima atau dapat dikatakan bahwa adapengaruh model Project Based Learningterhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IIS MA Bilingual Batu dan ada pengaruh model Project Based Learningterhadap kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari aspek motivasi belajar pada mata pelajaran geografi kelas X IIS MA Bilingual Batu. Model PjBL memiliki kelebihan yang dapat memengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa dan motivasi belajar. Oleh karena itu disarankan untuk menerapkan di kelas pada mata pelajaran geografi untuk mendorong kemampuan berpikir kreatif siswadan motivasi belajar. Bagi peneliti lanjut dapat mengganti model PjBL dengan membuat produk lain atau mengubah variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53680

Actions (login required)

View Item View Item