Pengaruh model pembelajaran discovery menggunakan mind mapping terhadap berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang / Aqidatul Izza - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery menggunakan mind mapping terhadap berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang / Aqidatul Izza

Izza, Aqidatul (2018) Pengaruh model pembelajaran discovery menggunakan mind mapping terhadap berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang / Aqidatul Izza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Izza Aqidatul.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Menggunakan Mind Mapping Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd Pembimbing (2) Purwanto S.Pd M.Si Kata Kunci Berpikir Kreatif Model Pembelajaran Discovery Mind Maping Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran discovery menggunakan mind mapping dapat berpengaruh terhadap berpikir kreatif siswa kelas XI IPS di SMA 10 Malang. Pentingnya berpikir kreatif dalam pemecahan masalah dan pemberian solusi menjadi latar belakang penelitian. Pemilihan model pembelajaran discovery learning sebagai model pembelajaran dikarenakan model tersebut melibatkan siswa dalam melakukan penemuan. Selain itu upaya lain untuk mendorong siswa lebih kreatif yaitu mind mapping yaitu teknink penulisan yang berbeda dari catatan linier. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi (quasi experiment) atau eksperimen semu. Terdapat dua kelas yaitu kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan model yang diteliti. Pengambilan data dalam penelitian eksperimen ini menggunakan pre-test-post-test kontrol group design. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test perlu dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas untuk melakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi 13 43 dari pada kelas kontrol sebesar 5 78. Dari hasil uji independent sample t-test nilai taraf signifikansi atau probabilitas (sig) 0 05 maka hipotesis Model pembelajaran discovery menggunakan mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa diterima. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk peneliti selanjutnya maupun guru yang akan menggunakan model pembelajaran discovery agar lebih memahami tahap dalam model discovery sebelum melaksanakan penelitian atau pembelajaran supaya berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53679

Actions (login required)

View Item View Item