Cahyati, Susi Shintia (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media video untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS 4 MAN Kota Batu / Susi Shintia Cahyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Cahyati Susi Shintia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas XI IPS 4 MAN Kota Batu. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning media video kemampuan memecahkan masalah Hingga saat ini rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah ternyata masih menjadi persoalan di kelas XI IPS 4 MAN Kota Batu. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pra siklus yang menunjukkan tidak ada satupun dari 28 siswa yang mencapai kualifikasi kemampuan memecahkan masalah baik (0%) dan sangat baik (0%). Sebagian besar siswa (85 71%) menunjukkan kualifikasi kurang yaitu sebanyak 24 siswa. selebihnya yaitu 4 siswa (14 29%) menunjukkan kualifikasi cukup. Rendahnya kemampuan memecahkan masalah disebabkan karena kemampuan memecahkan masalah siswa jarang dilatih dan dikembangkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada kompetensi siswa khususnya kemampuan memecahkan masalah. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi rendahnya kemampuan memecahkan masalah adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media video. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS 4 MAN Kota Batu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media video. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 4 MAN Kota Batu yang berjumlah 28 siswa. penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni hasil tes kemampuan memecahkan masalah. Tes kemampuan memecahkan masalah dilaksanakan sebelum tindakan (pra siklus) dan setelah tindakan pada siklus I dan siklus II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal esai kemampuan memecahkan masalah yang berjumlah 3 butir. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari tahapan pra siklus siklus I hingga siklus II. Rata-rata nilai kemampuan memecahkan masalah siswa pada pra siklus sebesar 64 18. Pada siklus I sebesar 73 50 dan siklus II sebesar 82 50. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus yakni sebesar 9 32 (14 52%) dari pra siklus ke siklus I dan peningkatan 9 00 (12 24%) dari siklus I ke siklus II. Secara keseluruhan akumulasi peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa dari pra siklus ke siklus II yakni sebesar 18 32 atau 28 54%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media video dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS 4 MAN Kota Batu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53678 |
Actions (login required)
View Item |