Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Usyrotus Saidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Usyrotus Saidah

Saidah, Usyrotus (2018) Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Usyrotus Saidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Saidah Usyrotus. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation pada Mata Pelajaran Geografi terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Imu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si Kata Kunci Group Investigation Kemampuan Berpikir Analisis Hasil belajar geografi peserta didik SMA belum menujukkan kemampuan berpikir analisis. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran geografi hanya peliputi ranah kognitif C1 (pengetahuan) C2 (pemahaman) dan C3 (penerapan) sedangkan C4 C5 dan C6 kurang mendapatkan perhatian. Sedangkan Peserta didik dapat dikatakan mampu berpikir analisis apabila mampu menguasai aspek-aspek kognitif. Upaya untuk mengatasi kurangnya kemampuan berpikir analisis yakni menggunakan model pembelajaran Group investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model Pembelajaran GI terhadap kemampuan berpikir analisis pesera didik kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Jenis penelitian ini termasuk dalam quasy experiment dengan menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group desain. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal esai dengan jumlah lima butir soal yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model Pembelajaran GI terhadap kemampuan berfikir analisis pesera didik kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 20 untuk kelas eksprimen dan 15 untuk kelas kontrol. Pada hasil uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0 018 atau dengan kata lain nilai sig. (2-tailed) 593 (0 05). Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Pembelajaran GI terhadap kemampuan berfikir analisis pesera didik kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Berdasarkan temuan penelitian diajukan 3 saran. Pertama kepada peserta didik diharapkan lebih mampu berpikir analisis dan aktif tidak hanya pada kegiatan pembelajaran geografi tetapi juga pada mata pelajaran lainnya. Kedua bagi guru geografi disarankan model GI ini diterapkan saat pembelajaran supaya pembelajaran lebih bermakna. Ketiga bagi peneliti lanjut diharapkan lebih mampu melakukan penelitian model pembelajaran GI dengan variabel yang berbeda dan menggunakan kemampuan tinggi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53677

Actions (login required)

View Item View Item