Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Laboratorium UM / Lisa Nikita Meilana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Laboratorium UM / Lisa Nikita Meilana

Meilana, Lisa Nikita (2018) Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Laboratorium UM / Lisa Nikita Meilana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Meilana Lisa Nikita. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMA LABORATORIUM UM Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Kemampuan Berpikir Kritis. Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) adalah model pembelajaran yang berstruktur dengan mengawali permasalahan dengan memprediksikan suatu fenomena yang akan dihadapi mengobservasi permasalahan yang telah diprediksi dan membuktikan hasil prediksi dengan penjelasan. Dengan menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) peserta didik mampu mengkonstruksikan proses belajarnya menjadi terencana dan terstruktur. Pembelajaran diawali dengan memprediksi dan dilanjutkan dengan mengkritisi hasil prediksi dengan observasi dan diakhiri dengan menjelaskan hasil observasi yang telah ditemukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Menggunakan rancangan penelitian pretest-posttestcontrol group design. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 1 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa yang sama di SMA Laboratorium UM pada tahun ajaran 2017/2018 dengan pertimbangan nilai rata-rata UAS yang hampir sama. Instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan tes essai sebanyak 6 soal. Teknik analisis data menggunakan gain score dan analisis uji t (t-test) dengan bantuan SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 17 62 untuk kelas eksperimen dan 9 94 untuk kelas kontrol. Hasil uji t hitung untuk nilai berpikir kritis lebih kecil daripada 0 05 (p 0 05) yaitu 0 0000. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian pada enam indikator berpikir kritis pada kelas eksperimen mengalami kenaikan. Peningkatan tersebut disebabkan peserta didik telah mampu membangun pengetahuannya sendiri melalui model pembelajaran POE dengan cakupan indikator di antaranya adalah merumuskan masalah memberikan argumen melakukan deduksi melakukan induksi evaluasi dan memutuskan serta melaksanakan. Penelitian ini disarankan sebagai suatu pembelajaran bagi guru dalam membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53676

Actions (login required)

View Item View Item