Pengaruh penggunaan model pembelajaran Earth Science System in the Community (EarthComm) melalui media Google Eart terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPS SMAN 7 Malang / Defi Dwi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran Earth Science System in the Community (EarthComm) melalui media Google Eart terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPS SMAN 7 Malang / Defi Dwi Puspitasari

Puspitasari, Defi Dwi (2018) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Earth Science System in the Community (EarthComm) melalui media Google Eart terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPS SMAN 7 Malang / Defi Dwi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Puspitasari Defi Dwi. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Earth Science System in the Community (EarthComm) Melalui Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Kelas X IPS SMAN 7 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (2) Drs. Rudi Hartono M.Si Kata Kunci model pembelajaran EarthComm Kemampuan Berpikir Spasial Model pembelajaran Earth Science System in the Community (EarthComm) merupakan salah satu model pembelajaran berbasis inkuiri yang mencakup tentang sistem bumi. Model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif dan tepat untuk menumbuhkan kemampuan berpikir spasial siswa. Pembelajaran inovatif lebih mengarah dan berpusat pada siswa. Proses pembelajaran dirancang disusun dan dikondisikan pada pemahaman serta kegiatan siswa sehingga lebih aktif dan termotivasi. Mata pelajaran geografi adalah salah satu yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran. Geografi memperkenalkan suatu objek menunjukkan lokasi alasan keberadaan objek pada suatu lokasi serta memvisualisasikan keterkaitan keberadaan objek dalam suatu ruang tertentu. Kemampuan berpikir spasial dalam mata pelajaran geografi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Siswa diharapkan memiliki kemampuan berpikir spasial sehingga dapat menganalisis fenomena yang terjadi pada ruang tertentu. Penelitian bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model EarthComm terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menerapkan pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 7 Malang. Instrumen penelitian menggunakan soal essai yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Soal essai diberikan sebelum dan sesudah perlakuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-Test. Analisis data pengujian menggunakan uji statistik parametrik dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis uji t yang sudah dilakukan dibuktikan bahwa nilai probabilitas 0 040 0 05 dan rata-rata (mean) kemampuan berpikir spasial siswa kelas eksperimen (13 69) lebih besar daripada kelas kontrol (9 30) maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran EarthComm berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPS SMAN 7 Malang. Saran dapat diajukan kepada (1) sekolah agar membantu untuk memberikan referensi dorongan dan fasilitas mengenai model pembelajaran EarthComm untuk guru (2) guru menyiapkan sintaks pembelajaran dan menjelaskan pada siswa agar pembelajaran kondusif (3) peneliti selanjutnya dapat menambah atau mengubah variabel menggunakan media yang lain dan materi lain yang masih berkaitan dengan sistem kebumian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53675

Actions (login required)

View Item View Item