Laduni, Mustika (2018) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 1 Batu ditinjau dari tingkat kecerdasannya / Mustika Laduni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Laduni Mustika. 2018. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batu Ditinjau dari Tingkat Kecerdasannya. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (2) Drs. Yusuf Suharto M.Pd Kata kunci Model Learning Cycle 5E Tingkat Kecerdasan Siswa Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Eksperimen Kualitas pendidikan saat ini perlu adanya peningkatan. Seperti halnya peningkatan kemampuan berpikir salah satunya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu tahapan berpikir yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari dan setiap siswa diarahkan untuk memiliki pola kemampuan berpikir tingkat tinggi karena kemampuan berpikir tingkat tinggi membuat seseorang dapat berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batu kemudian tujuan selanjutnya yakni untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E yang ditinjau dari tingkat kecerdasan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batu ditinjau dari tingkat kecerdasannya. Rancangan penelitian ini adalah postest only control grup design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diambil kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan soal essai sebanyak 4 butir soal dengan pedoman penskoran kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-F (analysis of variance). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 1 Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol. Selain itu model Learning Cycle 5E ditinjau dari tingkat kecerdasan siswa juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 1 Batu. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga menerima H1 yang artinya ada pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari tingkat kecerdasannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |