Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa kelas X IIS 1 MA Al Maarif Singosari Malang / Istiqomah Ansori

Ansori, Istiqomah (2018) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa kelas X IIS 1 MA Al Maarif Singosari Malang / Istiqomah Ansori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ansori, Istiqomah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas X IIS 1 MA Al Maarif Singosari Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri malang. Pembimbing : (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd., (II)Drs. Marhadi Slamet Kristiyanto, M.Si. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Analisis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu tingkat kemampuan berpikir analisis siswa kelas X IIS 1 rendah. Rendahnya kemampuanberpikir analisis ditandai dengan jawaban siswa cenderung menjawab sesuai penjelasan dari guru, kurang mampu memberikan solusi yang tepat dalam memecahkan permasalahan. Kemampuan berpikir analisis yang rendah juga dibuktikan dari hasil tes pra siklus yang dilakukan peneliti, hanya 24% siswa yang mampu menjawab soal dengan indikator berpikir analisis. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal essay berjumlah empat soal yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir analisis yaitu mengidentifikasi masalah, menggunakan konsep, membedakan hubungan sebab akibat, dan menetapkan solusi yang tepat. Tes ini dilakukan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan pada mata pelajaran Geografi materi hidrosfer, terdapat peningkatan hasil tes kemampuan berpikir analisis pada tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus ke siklus I, peningkatan kemampuan berpikir analisis siswa adalah 7,35%, sedangkan peningkatan berdasarkan indikator mengidentifikasi masalah 15%, indikator menggunakan konsep 12,22%, indikator membedakan hubungan sebab dan akibat 14,44%, dan indikator menetapkan solusi suatu masalah adalah 9,45%. Peningkatan pada siklus I ke siklus II peningkatan kemampuan berpikir analisis siswa adalah 15,06%, sedangkan peningkatan indikator mengidentifikasi masalah 29,44%, indikator menggunakan konsep 28,33%, indikator membedakan hubungan sebab dan akibat 27,23%, dan indikator menetapkan solusi suatu masalah yaitu 30,00%. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa kelas X IIS 1 MA Al Maarif Singosari Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53673

Actions (login required)

View Item View Item