Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) pada materi Bencana Alam menggunakan Peta Kawasan Bencana terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN 1 Kepanjen / Ani Fauziah

Fauziah, Ani (2018) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) pada materi Bencana Alam menggunakan Peta Kawasan Bencana terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN 1 Kepanjen / Ani Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah, Ani. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Peta Kawasan Rawan Bencana Pada Materi Bencana Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd, (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D. Kata Kunci: Model Problem Based Leraning, kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Faktor penting dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai membantu memotivasi siswa untuk aktif dalam belajar, sehingga dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, pemberian masalah sesuai dengan yang ada di dunia nyata, siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Oleh karena itu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat ditumbuhkan melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning menggunakan peta kawasan rawan bencana terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes soal essai yang berjumlah 4 butir soal yang mampu menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Analisis data yang digunakan adalah Uji-t dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning menggunakan peta kawasan rawan bencana terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini juga didukung dengan perbandingan nilai rata-rata gain score eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata gain score 9,74 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata gain score 5,71. Uji Hipotesis yang menggunakan Uji-t terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai probabilitas (Sig. 2-tailed) 0,007 yaitu kurang 0,05 (0,007 < 0,05) yang menunjukkan bahwa H0 ditolak, dengan artian ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53672

Actions (login required)

View Item View Item