Kesiapan dan hambatan yang diadapi guru Geografi SMA Negeri di Kota Malang dalam menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) / Nuzilatus SaÔÇÖadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan dan hambatan yang diadapi guru Geografi SMA Negeri di Kota Malang dalam menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) / Nuzilatus SaÔÇÖadah

SaÔÇÖadah. Nuzilatus (2018) Kesiapan dan hambatan yang diadapi guru Geografi SMA Negeri di Kota Malang dalam menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) / Nuzilatus SaÔÇÖadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sa adah Nuzilatus. 2018. Kesiapan dan Hambatan yang Dihadapi Guru Geografi SMA Negeri di Kota Malang dalam Menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Skripsi Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H. M.Pd. M.Si. (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata Kunci Sistem Kredit Semester Kesiapan Hambatan Guru Geografi Kesiapan dan hambatan guru berperan penting dalam kelancaran penerapan SKS. Keberhasilan penerapan SKS sangat ditentukan dari kesiapan dan hambatan yang dihadapi penyelenggara pendidikan salah satunya yaitu guru. Kesiapan dan hambatan yang dihadapi guru menjadi faktor penentu dalam penerapan SKS. Hal tersebut dikarenakan guru berhadapan langsung dengan peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan dan hambatan yang dihadapi guru geografi SMA Negeri di Kota Malang. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru geografi SMA Negeri di Kota Malang sebanyak 22 guru. Pengambilan sampel didasarkan atas pertimbangan sesuai dengan kebutuhan penelitian yaitu seluruh guru geografi kelas X SMA Negeri di Kota Malang sehingga diperoleh sampel 13 guru. Kesiapan guru dalam menerapkan SKS terdiri dari 3 sub variabel yaitu pengetahuan guru mengenai SKS tersedianya perangkat pembelajaran dan tersedianya perangkat penilaian pembelajaran. Sedangkan hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan SKS terdiri dari 3 sub variabel yaitu kesulitan dalam perencanaan pembelajaran kesulitan dalam pelaksanaan pembelajar dan kesulitan dalam penilaian pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru geografi SMA Negeri di Kota Malang dalam menerapkan SKS dikategorikan siap dalam ketiga sub variabel yaitu pemahaman guru mengenai SKS tersedianya perangkat pembelajaran dan tersedianya perangkat penilaian pembelajaran. Sedangkan hambatan yang dihadapi guru geografi SMA Negeri di Kota Malang dalam menerapkan SKS adalah dalam pelaksanaaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53671

Actions (login required)

View Item View Item