Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi siswa kelas X IPS di SMA Laboratorium UM / Yanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi siswa kelas X IPS di SMA Laboratorium UM / Yanti

Yanti (2018) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi siswa kelas X IPS di SMA Laboratorium UM / Yanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Yanti. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi Siswa Kelas X IPS di SMA Laboratorium UM. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd. M.Pd dan (2) Syamsul Bachri S.Si. M.Sc. Ph.D Kata kunci Model Problem Based Learning Kemampuan Memecahkan Masalah. Pembelajaran geografi di SMA sesuai Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk memiliki High Order Thinking Skills (HOTS) yang meliputi kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Model Problem Based Learning dapat melatih kemampuan memecahkan masalah geografi siswa. Siswa dihadapkan pada permasalahan kontekstual untuk memulai pembelajaran sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model PBL terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Group Design. Maksud dari desain tersebut adalah terdapat dua kelompok yang dipilih secara random untuk dijadikan subjek penelitian. Kedua kelompok tersebut diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian dilakukan di SMA Laboratorium UM dengan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal esai yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis yang digunakan adalah Independen sampel t-test. Soal tes esai yang digunakan telah valid dan reliabel. Perhitungannya menggunakan SPSS 16.0 for windows yang hasilnya menunjukkan bahwa soal tes telah valid dan reliabel dengan nilai yang melebihi r tabel ( 0.374). Berdasarkan analisis t-test penelitian menunjukkan nilai signifikasi (0.032) 0.05. Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak. Perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 4.92857. Hal ini berarti bahwa model PBL mempunyai pengaruh yang baik terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi siswa. Pengaruh tersebut berupa adanya peningkatan kemampuan memecahkan masalah geografi siswa jika dibandingkan dengan materi sebelumnya. Nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah geografi kelas eksperimen (71.25) lebih besar daripada kelas kontrol (66.32). Penelitian ini disarankan bagi guru dan peneliti lanjut. Bagi guru dalam menerapkan model Problem Based Learning (PBL) melalui RPP yang disesuaikan dengan langkah-langkah model PBL. Bagi peneliti lanjut dapat menjadi rujukan untuk penelitian selanjutnya agar dapat dikembangkan dan diperbaiki. Peneliti selanjutnya diharapkan lebih mampu merencanakan pengelolaan kelas dengan efektif dengan cara mengatur waktu di RPP lebih rinci dilengkapi dengan aturan yang dapat mengatasi siswa yang berperilaku menyimpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53670

Actions (login required)

View Item View Item