Identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa pada kelas peminatan Geografi SMA Negeri se-Kota Malang / Gyant Magdalena

Magdalena, Gyant (2018) Identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa pada kelas peminatan Geografi SMA Negeri se-Kota Malang / Gyant Magdalena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Magdalena, Gyant. 2018. Identifikasi Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Siswa pada Kelas Peminatan Geografi SMA Negeri Se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si. Kata Kunci: Faktor, Minat Siswa, Kelas Peminatan Geografi Minat siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia dalam memilih mata pelajaran geografi pada kelas peminatan tergolong rendah. Salah satu kota yang memiliki peminat geografi rendah adalah SMA Negeri di Kota Malang. Namun, ada beberapa SMA di Kota Malang yang memiliki minat tinggi pada kelas peminatan geografi ini. Tinggi atau rendahnya minat siswa dalam memilih kelas peminatan geografi tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa pada kelas peminatan geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri se-Kota Malang pada siswa-siswi kelas peminatan geografi. Kelas peminatan geografi di Kota Malang tersebar pada 8 sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas peminatan geografi SMA Negeri se-Kota Malang yang berjumlah 525 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional sampling, yaitu cara pengambilan sampel dari tiap-tiap sub populasi dengan memperhitungkan besar kecilnya jumlah sub-sub populasi tersebut. Sampel yang diambil didasarkan atas pertimbangan maksimum sampel oleh Gay, yaitu 20% dari populasi, sehingga diperoleh sampel 105 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala Likert dan dianalisis melalui analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah minat siswa memilih kelas peminatan geografi. Variabel tersebut terdiri dari faktor psikologis, inteligensi, keluarga, sekolah, dan faktor lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase terbesar faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa pada kelas peminatan adalah faktor sekolah (71,2%) dan faktor psikologis (70,5%). Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) Bagi guru, hendaknya mengembangkan kreativitas dalam mengajar geografi, (2) Bagi sekolah, hendaknya meningkatkan penyediaan fasilitas seperti laboratorium geografi, dan (3) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai permasalahan di kelas peminatan geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53669

Actions (login required)

View Item View Item