Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan Blitar / Moch Rio Pambudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan Blitar / Moch Rio Pambudi

Pambudi, Moch Rio (2018) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan Blitar / Moch Rio Pambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pambudi Moch Rio. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan Blitar. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Group Investigation Motivasi Belajar Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Kademangan diketahui memiliki motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya motivasi ditunjukan dengan kurang antusiasnya siswa kelas dalam mengikuti pelajaran geografi. Kurang antusiasnya siswa tersebut menandakan rendahnya motivasi belajar siswa. Siswa banyak yang kurang memperhatikan guru saat kegiatan pembelajaran. Kepercayaan diri siswa juga menandakan rendahnya motivasi. kepuasan pada pembelajaran maupun hasil belajar siswa juga memengaruhi motivasi siswa. Sedangkan permasalahan rendahnya hasil belajar didasarkan data hasil ulangan harian siswa. Data hasil ulangan harian siswa pada materi sebaran flora dan fauna dunia menunjukan nilai rata-ratanya 70. Hal tersebut belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran GI di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Kademangan. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain 2 siklus penerapan model pembelajaran. Subyek penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal essai sebanyak 4 butir untuk pengukuran hasil belajar dan angket motivasi sebanyak 25 item untuk mengukur motivasi belajar. Analisis motivasi belajar dengan cara membandingkan rata-rata nilai motivasi pra tindakan dengan pasca tindakan. Analisis hasil belajar dengan cara membandingkan nilai rata siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran (GI) dapat meningkatkan motivai dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan. Hasil penerapkan model pembelajaran GI menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 75 44 pada siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 78 15. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 3 59%. Sedangkan hasil angket motivasi belajar menunjukan nilai rata-rata pra tindakan sebesar 52 59 pada pasca tindakan nilai rata-rata motivasi belajar meningkat menjadi 57 00. Peningkatan motivasi belajar dari pra tindakan ke pasca tindakan sebesar 8 39%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53668

Actions (login required)

View Item View Item