Pengaruh model project based learning dengan outdoor study terhadap keterampilan menyusun karya ilmiah siswa pada matapelajaran Geografi kelas XI SMAN 2 Pasuruan / Reza Septyan Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning dengan outdoor study terhadap keterampilan menyusun karya ilmiah siswa pada matapelajaran Geografi kelas XI SMAN 2 Pasuruan / Reza Septyan Putra

Putra, Reza Septyan (2018) Pengaruh model project based learning dengan outdoor study terhadap keterampilan menyusun karya ilmiah siswa pada matapelajaran Geografi kelas XI SMAN 2 Pasuruan / Reza Septyan Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putra Reza Septyan. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Outdoor Study Terhadap Keterampilan Menyusun Karya Ilmiah Peserta Didik Pada Matapelajaran Geografi Kelas XI di SMAN 2 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Geografi Program Studi Penddikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd dan (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata kunci Project Based Learning Outdoor Study Keterampilan Menyusun Karya Ilmiah Model Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menghasilkan sebuah produk dari proyek yang dikerjakan. Pembelajaran berbasis proyek menuntut peserta didik untuk belajar secara langsung dalam menyelesaikan masalah dan mendorong mereka menggunakan keterampilannya. Model Project Based Learning menuntut peserta didik untuk menghasilkan produk dari proyek yang dilakukan. Produk tersebut berupa karya ilmiah (makalah). Hal tersebut dapat melatih keterampilan menyusun karya ilmiah peserta didik. Pembelajaran berbasis proyek sangat tepat apabila digabungkan dengan metode Outdoor Study. Hal tersebut dapat menuntut peserta didik belajar secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Project Based Learning dengan Outdoor Study terhadap keterampilan menyusun karya ilmiah peserta didik pada matapelajaran geografi kelas XI di SMAN 2 Pasuruan. Rancangan penelitian eksperimen ini menggunakan Posttest Only Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Pasuruan dengan XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa rubrik penilaian karya ilmiah. Analisis yang digunakan adalah Independen sampel t-test dengan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning dengan Outdoor Study berpengaruh terhadap keterampilan menyusun karya ilmiah peserta didik. Berdasarkan analisis t-test pada penelitian ini nilaisignifikasi (0 000) 0 05. Hal tersebut menandakan bahwa H0 ditolak. Rata-rata (mean) keterampilan menyusun karya ilmiah kelas eksperimen (77 41) lebih besar daripada kelas kontrol (68 16). Hal tersebut membuat aspek hasil dan pembahasan pada karya ilmiah yang dikerjakan peserta didik sesuai dengan data di lapangan sehingga skor pada aspek hasil dan pembahasan tergolong baik. Aspek tersebut berisikan data-data yang logis dan akurat. Hal ini membuat peserta didik memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi di lapangan. Saran pada penelitian ini ditujukan kepada guru dan peneliti lanjut. (1) Bagi guru agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk memilih model dan metode pembelajaran. (2) Bagi peneliti lanjut agar penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dalam bahan rujukan perbandingan terhadap penelitian selanjutnya dan bahan untuk lebih dikembangkan serta diperbaiki pada peneliti selanjutnya. SUMMARY Putra Reza Septyan. 2018. The Effect of Project Based Learning Model With Outdoor Study To Scientific Paper Composition Skill Of The Students On Geography Lesson in Class XI at SMAN 2 Pasuruan. Thesis. Department of Geography Study Program of Geography Education Faculty of Social Sciences State University of Malang.Advisor (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd dan (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Keywords Project Based Learning Outdoor Study Scientific Paper Composition Skill Project Based Learning Model (PjBL) is a learning model that produces a product from the project. Project-based learning can require the students to learn directly in solving problems and encourage them to use their skills. The Project Based Learning model requires the students to createsa products from the projects. The product is a scientific paper. It can train students s skills to composing scientific papers.Project-based learning is appropriate when combined with the Outdoor Study method. It can require the students to learn contextually. The aims of this research is to determine the effect of Project Based Learning with Outdoor Study toscientific paper composition skill of the students on geography in class XI at SMAN 2 Pasuruan. The design of this exprimental research is Posttest Only Control Group Design. The research was conducted at SMAN 2 Pasuruan with XI IPS 1 as experimental class and XI IPS 2 as control class.The instrument used is a scoring rubric of scientific paper.The analysis used is Independent sample t-test with SPSS 16.0 for windows. Based on the results of research indicate that the Project Based Learning model with Outdoor Study have an effect on the scientific paper composition skill of the students. Based on the t-test analysis in this study the significance value (0 000)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53667

Actions (login required)

View Item View Item