Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi peserta didik MAN 1 Trenggalek / Ana Nurbaiti

Nurbaiti, Ana (2018) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi peserta didik MAN 1 Trenggalek / Ana Nurbaiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nurbaiti Ana 61486 2018 61486 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi Peserta Didik MAN 1 Trenggalek 61486 Skripsi 61486 Prodi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang 61486 Pembimbing (I) Prof 61486 Dr 61486 Sumarmi M 61486 Pd (II) Dra 61486 Yuswanti Ariani Wirahayu M 61486 Si 61486 Kata Kunci problem based learning kemampuan memecahkan masalah 61486 Kemampuan memecahkan masalah perlu dimiliki oleh setiap peserta didik 61486 Hal ini bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia yang berkualitas sesuai dengan Kurikulum 2013 61486 Kemampuan memecahkan masalah melatih peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan pengetahuan yang dimiliki 61486 Didalam proses memecahkan suatu masalah dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik pada penyelesaian masalah yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik pada proses pemecahan masalah adalah model pembelajaran Problem Based Learning 61486 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan geografi peserta didik dengan metode penelitian eksperimen semu menggunakan pretest dan posttest. Terdapat dua kelompok subjek yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen 61486 Dimana kelas eksperimen mendapat perlakukan menggunakan model Problem Based Learning sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran PBL 61486 Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS MAN 1 Trenggalek yang meliputi kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen 61486 Instrumen pengukuran kemampuan memecahkan masalah menggunakan soal tes essay dengan 5 butir pertanyaan 61486 Analisis data yang digunakan adalah uji-t 61486 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi peserta didik 61486 Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan kelas eksperimen yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol 61486 Nilai rata-rata kemampuan akhir kelas eksperimen adalah 68 125 sedangkan kelas kontrol 58 71 61486 Selanjutnya nilai rata-rata gain score kelas eksperimen adalah 19 67 sedangkan nilai rata-rata gain score kelas kontrol adalah 8 57 61486 Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai sig 61486 (2-tailed) sebesar 0 000 dengan kriteria kurang dari 0 05 61486 Menurut analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi peserta didik 61486 Saran untuk penelitian selanjutnya agar mendapatkan hasil yang optimal maka sebelum peserta didik diminta untuk memecahkan suatu masalah hendaknya mempersiapkan peserta didik untuk dapat memahami permasalahan yang akan disajikan 61486 Hal ini bertujuan untuk membangun pemahaman peserta didik mengapa masalah tersebut perlu untuk dipecahkan 61486

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53666

Actions (login required)

View Item View Item