Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi peserta didik MAN 1 Trenggalek / Ana Nurbaiti

Nurbaiti, Ana (2018) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi peserta didik MAN 1 Trenggalek / Ana Nurbaiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nurbaiti, Ana 2018Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi Peserta Didik MAN 1 Trenggalek Skripsi Prodi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang Pembimbing: (I) Prof Dr Sumarmi, MPd, (II) Dra Yuswanti Ariani Wirahayu, MSi Kata Kunci: problem based learning, kemampuan memecahkan masalah Kemampuan memecahkan masalah perlu dimiliki oleh setiap peserta didik Hal ini bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia yang berkualitas sesuai dengan Kurikulum 2013 Kemampuan memecahkan masalah melatih peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan pengetahuan yang dimiliki Didalam proses memecahkan suatu masalah dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik pada penyelesaian masalah yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik pada proses pemecahan masalah adalah model pembelajaran Problem Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan geografi peserta didik dengan metode penelitian eksperimen semu menggunakan pretest dan posttest. Terdapat dua kelompok subjek, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen Dimana kelas eksperimen mendapat perlakukan menggunakan model Problem Based Learning sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran PBL Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS MAN 1 Trenggalek yang meliputi kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen Instrumen pengukuran kemampuan memecahkan masalah menggunakan soal tes essay dengan 5 butir pertanyaan Analisis data yang digunakan adalah uji-t Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi peserta didik Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan kelas eksperimen yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol Nilai rata-rata kemampuan akhir kelas eksperimen adalah 68,125 sedangkan kelas kontrol 58,71 Selanjutnya, nilai rata-rata gain score kelas eksperimen adalah 19,67, sedangkan nilai rata-rata gain score kelas kontrol adalah 8,57 Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dengan kriteria kurang dari 0,05 Menurut analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi peserta didik Saran untuk penelitian selanjutnya agar mendapatkan hasil yang optimal, maka sebelum peserta didik diminta untuk memecahkan suatu masalah hendaknya mempersiapkan peserta didik untuk dapat memahami permasalahan yang akan disajikan Hal ini bertujuan untuk membangun pemahaman peserta didik mengapa masalah tersebut perlu untuk dipecahkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53666

Actions (login required)

View Item View Item