Pengaruh model problem based learning pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batu ditinjau dari tingkat kecerdasan intelektualnya / M. Richo Aliefiyanto

Aliefiyanto, M. Richo (2018) Pengaruh model problem based learning pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batu ditinjau dari tingkat kecerdasan intelektualnya / M. Richo Aliefiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Aliefiyanto, M. Richo. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batu di Tinjau dari Tingkat Kecerdasan Intelektualnya. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Tingkat Kecerdasan Siswa, Kemampuan Berpikir Analitis, Mata Pelajaran Geografi Pendidikan saat ini perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah peningkatan kemampuan berpikir. Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki siswa yaitu kemampuan berpikir analitis. Kemampuan berpikir analitis dapat diperoleh melalui pembelajaran yang inovatif. Kemampuan berpikir analitis menjadikan siswa dapat menentukan hubungan logis, sehingga dapat menemukan penyebab dari permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batu ditinjau dari tingkat kecerdasannya. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain postest only control grup design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian ini yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal essai sebanyak 4 butir dengan pedoman penskoran kemampuan berpikir analitis. Perhitungan tes kemampuan berpikir analitis dan tingkat kecerdasan siswa menggunakan faktorial 2x3. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-f (analysis of variance). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA Negeri 1 Batu. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kemampuan berpikir analitis kelas yang menggunakan model Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata (85,5) lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model Problem Based Learning (79,5). Selain itu, model Problem Based Learning ditinjau dari tingkat kecerdasan juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA Negeri 1 Batu. Dengan kata lain, menunjukkan bahwa H0 ditolak, sehingga menerima H1 yang artinya model Problem Based Learning ditinjau dari tingkat kecerdasannya berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA Negeri 1 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53665

Actions (login required)

View Item View Item