Pengaruh model pembelajaran investigasui kelompok (group investigation) terhadap kemampuan berpikir analitis pada materi langkah Penelitia Geografi siswa X MAN 7 Jombang / Firdaus

Firdaus (2018) Pengaruh model pembelajaran investigasui kelompok (group investigation) terhadap kemampuan berpikir analitis pada materi langkah Penelitia Geografi siswa X MAN 7 Jombang / Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Firdaus, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Group investigation) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis, Peserta Didik Kelas X MAN 7 Jombang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistjo, M.Si, (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si Kata Kunci : Investigasi Kelompok (Group Investigation), kemampuan berpikir analitis Pendidikan memiliki peranan penting untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih baik. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan kualitas pendidikan yang baik guna menunjang sumber daya manusia pada setiap individu. Investigasi kelompok (Group Investigation) dipilih sebagai model pembelajaran dengan pendekatan saintifik meningkatkan proses berpikir, memecahkan masalah, beroientasi pada aspek ilmu pengetahuan, lingkungan, teknologi, dan manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Investigasi Kelompok (Group Investigation) yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada materi penelitian geografi pada kelas X di MAN 7 Jombang pada materi langkah penelitian geografi, tepatnya pada indikator pendekatan dan analisis studi geografi. penelitian eksperimen semu (Quasi eskperiment) karena perlakuan yang diberikan kepada subjek tidak dikendalikan sepenuhnya. Instrument penelitian berupa tes esai diuji coba berdasarkan validitas, realibilitas, teknik pengumpulan data. Uji hipotesis ini mengunakan Uji-T dua sampel tidak berpasangan. Uji hipotesis menunjukkan terdapat 0,05 perbedaan dan terjadi peningkatan kemmapuan berpikir analitis dari perlakuan yang sudah diberikan. Adanya pengaruh Investigasi kelompok (Group Investigation) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X MAN 7 Jombang. Saran yang dapat diperhatikan dalam menggunakan model pembelajaran group investigation sebaiknya mencari tempat penelitian yang lebih dekat dengan sekolah. Selain itu, sebaiknya pada awal pembelajaran siswa diberi motivasi serta arahan untuk tidak membeda-bedakan teman yang menjadi anggota kelompoknya agar interaksi antar anggota kelompok dapat berjalan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53664

Actions (login required)

View Item View Item