Sari, Puput Ambar (2018) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat belajar geografi siswa kelas XI IPS 5 SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar / Puput Ambar Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Puput Ambar. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Gegrafi Siswa Kelas XI IPS 5 SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Teams Games Tournament Minat belajar Refleksi awal terhadap pembelajaran Geografi di kelas XI IPS 5 SMAN 1 Garum teridentifikasi masalah pembelajaran yakni 1) siswa tidak memperhatikan saat guru menyampaikan materi 2) siswa berbicara dengan teman sebangku 3) siswa tertidur di dalam kelas 4) siswa kurang aktif menjawab pertanyaan guru. Dari serangkaian masalah tersebut yang menjadi akar masalah adalah guru menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. berdasarkan akar masalah maka dilakukan perbaikan pembelajaran dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Gegrafi Siswa Kelas XI IPS 5 SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar . Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran Geografi pada materi Kearifan Lokal dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam.Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan 2 siklus setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Minat belajar siswa dihitung dari rata-rata skor klasikal yaitu pada siklus I sebesar 75 54 menjadi 94 37 meningkat sebanyak 24 05%. Dari hasil penelitian terjadi peningkatan minat belajar Geografi setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian Tindakan Kelas ini menghasilkan 2 saran terkait dengan manajemen waktu dan pengelolaan kelas yaitu 1) pengelolaan waktu yang tepat terutama pada tiap tahapan agar penerapan model ini bisa berjalan lancar 2) perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53662 |
Actions (login required)
View Item |