Kontribusi pendapatan pedagang Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri 'Asali Fadlailir Rahmah terhafap pendapatan rumah tangga di Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nidya Novitasari Rizky Ervani

Ervani, Nidya Novitasari Rizky (2018) Kontribusi pendapatan pedagang Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri 'Asali Fadlailir Rahmah terhafap pendapatan rumah tangga di Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nidya Novitasari Rizky Ervani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nidya Novitasari R.E. 2015. Kontribusi Pendapatan Pedagang Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri Asali Fadlailir Rahmah Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Desa Sananrejo Kecamatan Turen . Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si (II) Drs. Marhadi Slamet K, M.Pd Kata kunci: kontribusi pendapatan Di era yang semakin modern ini, pariwisata sedang menjadi bahan pembicaraan serta menjadi suatu tren bagi masyarakat di seluruh dunia. Semua belahan masyarakat ingin melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang baru atau tempat yang sedang dibicarakan oleh sebagian besar masyarakat luas.Sektor pariwisata mempunyai peranan penting dalam meningkatkan devisa negara. Selain itu pariwisata membuka peluang untuk menambah lapangan pekerjaan. Sebagai salah satu daerah wisata yang mampu menyerap tenaga kerja di desa Sananrejo Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri Asali Fadlailir Rahmah terletak di Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Pondok pesantren ini banyak diminati wisatawan dikarenakan bentuk bangunan yang unik dan megah. Secara umum kondidi social ekonomi di Desa Sananrejo tergolong rendah dilihan dari banyaknya penduduk yang hanya menempuh pendidikan sekolah dasar dan mempunyai pendapatan yang rendah. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mendeskripsikan Karakteristik pedagangdi pondok pesantren (2) Mengetahui bfaktor-faktor yang mempengaruhi besarnya pendapatan pedagabg (3)mendeskripsikan besarnya kontribusi pendapatan pedagang di Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri Asali Fadlailir Rahmah. Penelitianini termasuk penelitian expos facto dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang di Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri Asali Fadlailir Rahmah. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tabulasi tunggal dan tabulasi silang. Hasil Penelitian Menunjukkan pedagang di Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri Asali Fadlailir Rahmah termasuk usia produkif.dan berstatus menikah. Pendidikan yang di tempuh sebagian bsar adalah Sekolah Dasar (SD). Sebagian besar pedagang bestatus sebagai ibu rumah tangga. Pendapatan bersih yang diperoleh pedagang di Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri Asali Fadlailir Rahmah antara 1.000.000-< 2.000.000. Sebagian besar pedagang memberikan sedang yaitu sebesar 33-64 % dari seluruh pendapatan total keluarganya. Faktor banyaknya tanggungan tidak ada pengarug dengan besarnya pendapatan bersih pedagang, sedangkan banyaknya curahan waktu dan jenis barang dagangan memmpunyai hubungan dengan besarnya pendapatan pedagang. Semakin lama waktu berdagang makan akan semakin besar pendapatan yang diperoleh, dan pakaian merupakan jenis barang dagangan yang mampu memberikan pendapatan secara maksimal kepada pedagang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53659

Actions (login required)

View Item View Item