Pengembangan media pembelajaran Geography Easy Learning (GEL) pada mata pelajaran geografi SMA pokok bahasan potensi geografis Indonesia / Ghossi Fafengki

Fafengki, Ghossi (2018) Pengembangan media pembelajaran Geography Easy Learning (GEL) pada mata pelajaran geografi SMA pokok bahasan potensi geografis Indonesia / Ghossi Fafengki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fafengki Ghossi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Geography Easy Learning (GEL) pada Mata Pelajaran Geografi SMA Pokok Bahasan Potensi Geografis Indonesia. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Drs. Rudi Hartono M.Si. Kata Kunci Pengembangan Geography Easy Learning Potensi Geografis Indonesia Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung juga turut serta mempengaruhi kemajuan dan kualitas pendidikan pada setiap masanya. Salah satu komponen pendidikan yang mengalami perkembangan adalah media pembelajaran. Contoh media pembelajaran dari perkembangan teknologi adalah aplikasi edukasi pada smartphone. Penggunaan smartphone oleh siswa sudah menjadi hal yang wajar pada abad 21 ini. Agar tidak terjadi hal yang buruk terhadap penggunaan smartphone maka perlu adanya konten yang dapat digunakan untuk belajar. Berkaitan dengan itu peneliti mengembangkan media pembelajaran GEL yang dapat digunakan sebagai sarana belajar geografi dengan mudah dimana saja dan kapan saja pada smartphone siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang mengacu pada model pengembangan Sadiman tahun 2002. Dalam model ini terdapat 10 tahapan yakni (1) analisis kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) analisis materi (4) desain media (5) produksi media (6) prototipe produk (7) validasi produk (8) revisi (9) uji coba produk dan (10) produk akhir. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI IIS 2 SMA N 1 Gondanglegi. Hasil yang dicapai pada penelitian pengembangan media pembelajaran GEL menunjukkan bahwa (1) produk media pembelajaran GEL pada mata pelajaran geografi SMA pokok bahasan potensi geografis Indonesia teruji valid oleh ahli media dan materi (2) media pembelajaran GEL ini terbukti sangat baik digunakan sebagai sarana belajar geografi baik oleh siswa maupun guru. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji coba lapangan dengan menggunakan instrumen angket yang diikuti oleh 29 siswa dan 2 guru. Hasil angket siswa diperoleh skor 1962 dengan persentase 84 57% sedangkan hasil angket guru diperoleh skor 153 dengan persentase 95 63%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) saran pemanfaatan bagi guru dan siswa media pembelajaran GEL dapat digunakan sebagai sarana belajar geografi dengan mudah oleh siswa dimana saja dan kapan saja pada smartphone. Guru sebagai fasilitator alangkah baiknya untuk mendampingi siswa dalam menggunakan media pembelajaran GEL ini (2) saran diseminasi media pembelajaran GEL dapat disebarluaskan dengan menggunakan Bluetooth kabel data share it maupun melalui tautan yang dibuat untuk diunduh (3) saran untuk pengembangan lebih lanjut lebih ditingkatkan lagi penggunaan animasi dan gambar agar lebih menarik dan interaktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53657

Actions (login required)

View Item View Item