Pengaruh model pembelajaran Earth Science System in the Community (EARTHCOMM) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok hidrosfer kelas X IPS 2 di MA Al-Hidayah Wajak Kabupaten Malang / Mikho Atmain Kulub

Kulub, Mikho Atmain (2018) Pengaruh model pembelajaran Earth Science System in the Community (EARTHCOMM) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok hidrosfer kelas X IPS 2 di MA Al-Hidayah Wajak Kabupaten Malang / Mikho Atmain Kulub. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kulub, Mikho Atmain. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System in the Community (Earthcomm) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pokok Hidrosfer Kelas X IPS 2 di MA AlHidayah Wajak Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd, (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Earthcomm, Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Pokok Hidrosfer. Kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan pada peserta didik di sekolah. Peserta didik yang dilatih untuk berpikir kritis ini tidak hanya dituntut untuk mendapatkan nilai tugas yang bagus melainkan untuk dilatih memecahkan permasalahan yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah Earth Science System in The Community (EarthComm). Kelebihan model pembelajaran ini adalah dapat membangun peserta didik menjadi tanggap terhadap masalah lokal, regional dan nasional sesuai dengan kondisi lingkungannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran Earth Science System in The Community (EarthComm) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian termasuk Quasi Experiment with Post test Control Group Design. Subjek penelitian menggunakan peserta didik kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol di MA Al-Hidayah Wajak Kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan menggunakan enam soal essai yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik inferensial dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai signifikan sebesar 0,038 atau

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53656

Actions (login required)

View Item View Item