Perbandingan pemanfaatan media video dan media gambar terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Geografi materi Tektonisme siswa kelas X MAN 1 Pasuruan / Muhammad Shobakhul Falakh

Falakh, Muhammad Shobakhul (2018) Perbandingan pemanfaatan media video dan media gambar terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Geografi materi Tektonisme siswa kelas X MAN 1 Pasuruan / Muhammad Shobakhul Falakh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Falakh Muhammad Shobakhul. 2017. Perbandingan Pemanfaatan Media Video dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Geografi Materi Tektonisme Siswa Kelas X MAN 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Syamsul Bachri S.Si M.Sc Ph.D. Kata kunci media video media gambar hasil belajar Proses pembelajaran yang menarik dapat menggunakan media pembelajaran. Media yang paling sering digunakan guru pada saat menyampaikan materi yakni berupa video dan gambar. Penelitian ini ingin membuktikan diantara kedua media tersebut mana yang lebih baik terhadap hasil belajar ketika digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dan termasuk penelitian kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas X IIS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 39 siswa. Instrumen pengukuran hasil belajar menggunakan soal esai sebanyak 4 soal. Analisis data yang digunakan adalah uji t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video lebih baik terhadap hasil belajar bila dibandingkan dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran geografi materi tektonisme. Hal ini terbukti dengan rata-rata hasil belajar yang diperoleh oleh kelompok siswa kelas eksperimen dan kelompok siswa kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa memiliki perbedaan kelompok siswa kelas eksperimen mendapatkan rata-rata hasil belajar 64 96 sedangkan kelompok siswa kelas kontrol mendapatkan 57 89. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan memanfaatkan media video lebih baik bila dibandingkan dengan media gambar dalam pembelajaran tektonisme terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53655

Actions (login required)

View Item View Item