Analisis soal try out mandiri tahun ajaran 2016/2017 mata pelajaran geografi di SMA Katolik Yos Sudarso Kota Batu / Anita Higmawati

Higmawati, Anita (2018) Analisis soal try out mandiri tahun ajaran 2016/2017 mata pelajaran geografi di SMA Katolik Yos Sudarso Kota Batu / Anita Higmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Higmawati, Anita. 2017. Analisis Soal Try Out Mandiri Tahun Ajaran 2-16/2017 Mata Pelajaran Geografi Di SMA Katolik Yos Sudarso Kota Batu. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd. (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si. Kata Kunci: validitas soal, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, analisis opsi pilihan ganda Soal yang baik harus valid, tidak terlalu sukar atau mudah, daya beda baik, reliabel, dan opsi berfungsi dengan baik. Soal try out mandiri mata pelajaran geografi tahun 2016/2017 di SMA Katolik Yos Sudarso dibuat guru dan belum pernah diujicobakan, sehingga belum diketahui kualitasnya. Berdasarkan observasi awal, ditemukan beberapa kelemahan: materi soal yang tidak sesuai KD dan indikator pembelajaran; terdapat kesalahan dalam pengulangan kata, penulisan tanda baca, penulisan istilah asing dan penulisan kosakata; dan terdapat soal yang memiliki opsi kunci jawaban yang salah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas soal try out mandiri mata pelajaran geografi yang meliputi validitas kurikuler, validitas bahasa, validitas item, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, dan kualitas opsi pilihan ganda. Validitas kurikuler, validitas bahasa, tingkat kesukaran, daya beda, dan kualitas opsi pilihan ganda dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Validitas item dan reliabilitas dianalisis menggunakan statistik parametrik. Penelitian ini menggunakan desain analisis isi (content analysis). Subjek dalam penelitian ini adalah soal try out mandiri mata pelajaran geografi di SMA Katolik Yos Sudarso kota Batu dan skor jawaban siswa. Terdapat dua kode soal yakni kode A dan B yang masing-masing terdiri dari 50 butir soal. Tiap kode soal diujikan kepada 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian ini adalah pada soal try out mandiri mata pelajaran geografi dengan kode A terdapat 3 soal yang dapat langsung dipakai, 29 soal perlu direvisi, dan 18 soal harus dibuang. Sedangkan hasil penelitian pada soal try out mandiri mata pelajaran geografi dengan kode B terdapat 7 soal yang dapat langsung dipakai, 17 soal perlu direvisi, dan 26 soal harus dibuang. Saran yang dapat diberikan kepada guru adalah merevisi soal try out mandiri mata pelajaran geografi kode A dan B yang kurang baik, menganalisis soal terlebih dahulu sebelum mengujikan kepada siswa, membuat soal dan opsi kunci jawaban dengan benar, dan membuat bank soal yang berisi kumpulan soalsoal try out geografi yang telah diana lisis dan diketahui tingkat kevalidannya baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53652

Actions (login required)

View Item View Item