Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri Ngoro Jombang / David Hardianto

Hardianto, David (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri Ngoro Jombang / David Hardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hardianto, David. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Ngoro Jombang, Progam Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd, (2) Drs. Hendri Purwito, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan LKS, Kemampuan Berpikir Kritis Pemilihan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKS mempunyai beberapa alasan. pertama, sejalan dengan penerapan Kurikulum 2013 dengan pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa. Memaksimalkan kegiatan tersebut membutuhkan LKS sebagai panduan belajar. Kedua, siswa didorong untuk mengambil inisiatif dalam usaha memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan mengembangkan keterampilan meneliti serta melatih siswa terampil dalam memperoleh dan menganalisis informasi. Guru harus memberikan pengarahan atau bimbingan kepada siswa dalam melakukan kegiatan dalam bentuk LKS yang dibuat. sehingga siswa yang berpikir lambat atau siswa yang mempunyai intelegensi rendah tetap mampu mengikuti kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan dan siswa yang mempunyai kemampuan berpikir tinggi tidak memonopoli kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri Ngoro Jombang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan soal essai dengan jumlah 9 butir soal yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas pada tingkatan kelas diatasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitassedangkan untuk uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKS berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas SMA Negeri Ngoro Jombang. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 15,9 untuk kelas eksperimen dan 8,6 untuk kelas kontrol. Pada hasil uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0.000 atau dengan kata lain nilai sig. (2-tailed) < &#945; (0,05). Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas SMA Negeri Ngoro Jombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53647

Actions (login required)

View Item View Item