Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) menurut Robert E. Slavin terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Yelin Andi Rakasiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) menurut Robert E. Slavin terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Yelin Andi Rakasiwi

Rakasiwi, Yelin Andi (2018) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) menurut Robert E. Slavin terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Yelin Andi Rakasiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rakasiwi Yelin Andi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Menurut Robert E. Slavin terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation Kemampuan Berpikir Kritis Hasil belajar geografi siswa SMA belum menunjukkan kemampuan berpikir kritis tinggi. Hal tersebut dikarenakan kegiatan belajar mengajar geografi belum menunjukkan proses yang mengajak siswa untuk berpikir dan mengeksplorasi serta pembelajaran lebih banyak materi ajar dalam ranah kognitif C1 (pengetahuan) C2 (pemahaman) dan yang paling tinggi hanya pada ranah C3 (penerapan) sedangkan C4 (analisis) C5 (sintesis) dan C6 (evaluasi) kurang mendapatkan perhatian. Upaya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran geografi yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu Group Investigation (GI) menurut Robert E. Slavin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran GI menurut Robert E. Slavin berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IIS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal esai dengan jumlah lima butir soal yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran GI menurut Robert E. Slavin berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 18 61 untuk kelas eksperimen dan 14 30 untuk kelas kontrol. Pada hasil uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0.031 atau dengan kata lain nilai sig. (2-tailed) 945 (0 05). Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation menurut Robert E. Slavin berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Berdasarkan rumusan masalah dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GI menurut Robert E. Slavin berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Saran yang dapat diajukan untuk penelitian ini adalah bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran Group Investigation dalam materi kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam bidang pertanian pertambangan industri dan pariwisata karena sangat sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan variabel yang berbeda karena model GI tidak hanya untuk kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53645

Actions (login required)

View Item View Item