Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI materi pengelolaan sumberdaya alam Indonesia SMA Brawijaya Smart School Malang / Dian Furranti Andhani

Andhani, Dian Furranti (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI materi pengelolaan sumberdaya alam Indonesia SMA Brawijaya Smart School Malang / Dian Furranti Andhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andhani, Dian. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam SMA Brawijaya Smart Shool Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si (II) Drs. Yusuf Suharto,M.Pd Kata kunci : PBI, Keterampilan Berpikir Kritis Observasi awal diketahui bahwa siswa kelas XI-6 SMA Brawijaya Smart School Malang siswa kurang kritis dalam berpikir. Hal tersebut ditunjukkan dari kurangnya kemampuan siswa dalam proses perumusan masalah hingga penarikan kesimpulan serta rendahnya antusiasme siswa dalam tanya jawab dan menanggapi fenomena yang dihadirkan saat diskusi berlangsung. Apabila sebuah materi mengharuskan siswa kelas XI-6 melakukan diskusi, mereka hanya melakukan diskusi ringan tanpa memperhatikan tujuan dari diadakannya diskusi tersebut yaitu agar siswa lebih kritis dalam proses pembelajaran. Hal ini tentu berakibat informasi yang didapat kurang begitu melekat dan membekas pada diri siswa. Penyampaian ilmu yang bersifat konvensional seperti ini dapat menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam menerima pembelajaran karena siswa hanya sebagai obyek dan dibatasi kebebasannya dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2017. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI-6 yang berjumlah 24 siswa, instrumen pengumpulan data melalui tes tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan hasil belajar siswa pra tindakan yakni terdapat peningkatan siswa dalam keterampilan berpikir kritis mereka mengalami kenaikan lebih dari 50%. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase kenaikan kegiatan pra-tindakan ke siklus I sebesar 4,26% dan kenaikan siklus I ke siklus II sebsar 12,92%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI-6 SMA Brawijaya Smart School Malang mengalami peningkatan dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Pengelolaan Sumber Daya Alam siswa kelas XI 6 Di SMA Brawijaya Smart School Malang. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) Bagi guru geografi agar menggunakan model PBI untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. (2) Bagi SMA Brawijaya Smart School Malang agar menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektifitas penerapan model pembelajaran PBI (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan model PBI dengan pokok bahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53644

Actions (login required)

View Item View Item