Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Erlinda Indira Paramita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Erlinda Indira Paramita

Paramita, Erlinda Indira (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Erlinda Indira Paramita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Paramita Erlinda Indira. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si Kata kunci Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Model Inkuiri Terbimbing ini mampu memecahkan masalah. Salah satunya yaitu siswa memperoleh pengetahuan karena terlibat dalam proses penemuan namun dalam keunggulannya belum diketahui dalam pembelajaran geografi tentunya dalam memecahkan masalah. Inkuiri Terbimbing ini digunakan pada materi lingkungan hidup khususnya pada menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental design). Perlakuan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Intrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah yaitu tes esai. Data gain score dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IIS. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata gain score yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai rata-rata gain score 14 56 dari nilai rata-rata gain score kelas kontrol dengan nilai gain score 12 35. Hasil analisis Uji Independent Sample T-test diperoleh nilai probabilitasnya adalah 0 000.hal ini berarti 0 00 0 05 maka H0 ditolak artinya model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53641

Actions (login required)

View Item View Item