Pengaruh keterampilan intrapersonal dan interpersonal terhadap prestasi warga belajar kesetaraan paket C di PKBM se-kecamatan Lowokwaru Malang / Savira Nailul Muna

Muna, Savira Nailul (2019) Pengaruh keterampilan intrapersonal dan interpersonal terhadap prestasi warga belajar kesetaraan paket C di PKBM se-kecamatan Lowokwaru Malang / Savira Nailul Muna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Muna, Savira Nailul. 2019. Pengaruh Keterampilan Intrapersonal dan Interpersonal Terhadap Prestasi Warga Belajar Kesetaraan Paket C di PKBM Se-Kecamatan Lowokwaru Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Siti Asmah, M.Pd, (II) Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : intrapersonal, interpersonal, kesetaraan paket C, PKBM Kebutuhan pendidikan warga belajar perlu untuk dipenuhi oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Namun mayoritas semua warga belajar memiliki hambatan dalam mengikuti pembelajaran di PKBM. Beraneka ragamnya latar belakang dari warga belajar mengakibatkan keterampilan intrapersonal dan interpersonalnya cenderung rendah. Rendahnya keterampilan intrapersonal dan interpersonal dapat mempengaruhi prestasi belajar warga belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran tingkat keterampilan intrapersonal, interpersonal, prestasi belajar warga belajar dan menjelaskan pengaruh keterampilan intrapersonal, keterampilan interpersonal, terhadap prestasi warga belajar kesetaraan paket C di PKBM Se-Kecamatan Lowokwaru Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain penelitian korelasional. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih 80 warga belajar yang merupakan warga belajar kesetaraan paket C dan tercatat memiliki raport di PKBM Se-Kecamatan Lowokwaru. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu inventori keterampilan intrapersonal, interpersonal, prestasi non akademik dan studi dokumentasi berupa raport. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis statistika nonparametrik Kendall Coeficient of Concordance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kondisi intrapersonal, interpersonal, dan prestasi belajar cenderung tinggi. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan intrapersonal terhadap prestasi belajar. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan interpersonal terhadap prestasi belajar. Meskipun demikian, hasil penelitian juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara keterampilan intrapersonal dan interpersonal terhadap prestasi belajar warga belajar PKBM se Kecamatan Lowokwaru Malang. Hasil penelitian tersebut dapat diketahui dari nilai Asymp. Sig. yang diperoleh dari uji Kendall W sebesar 0,000. Dengan begitu dapat diketahui bahwa 0,000 < 0,005 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, adapun sarannya yaitu pihak pengelola PKBM dan tutor perlu mengadakan semacam forum komikasi antara vi warga belajar dengan tutor. Peneliti lain disarankan untuk meneliti lebih lanjut mengenai motivasi belajar warga belajar kesetaraan paket A, B, dan C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item