Baihaqi, Rizal (2018) Penerapan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran geografi bahasan lingkungan hidup untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ngadirejo Kabupaten Pacitan / Rizal Baihaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi ABSTRAK Baihaqi Rizal. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Geografi Bahasan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si (II) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd Kata Kunci snowball throwing motivasi belajar siswa Kegiatan belajar mengajar terdiri dari tiga aspek. Aspek kegiatan belajar mengajar meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Aspek pada kegiatan belajar mengajar dapat menentukan proses pembelajaran yang dilakukan. Pada proses proses pembelajaran tentunya tidak semua berjalan dengan lancar. Hal ini ditemukan saat melakukan observasi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Terdapat permasalahan motivasi belajar rendah. Analisa timbulnya permasalahan meliputi aspek guru aspek siswa aspek sarana dan prasarana serta aspek strategi pembelajaran. Keempat aspek penyebab permasalahan yaitu pada aspek siswa dan aspek strategi pembelajaran. Aspek siswa yaitu siswa kurang memperhatikan guru saat mengajar. Beberapa siswa berbicara dengan teman saat proses pembelajaran. Pada aspek strategi proses pembelajaran masih menggunakan ceramah. Sehingga pembelajaran terasa kurang maksimal. Solusi permasalahan yaitu menerapkan model pembelajaran snowball throwing. Penerapan model pemebelajaran ini dikarenakan snowball throwing menambah motivasi belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran ini lebih membuat siswa lebih maksimal dalam mengikuti proses pembelajaran. Peneliti berencana melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket catatan lapangan dan lembar observasi untuk melihat motivasi belajar siswa. Hasil dari penelitian menujukkan peningkatan motivasi belajar siswa. Proses pembelajaran menggunakan model snowball throwing pada siklus I motivasi belajar siswa kategori baik. Dari hasil siklus I kemudian dilakukan perbaikan dan dilanjutkan pada siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II meningkat dengan kategori baik. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ngadirojo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |