Penerapan model pembelajaran debat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 di MA Manbail Futuh Jenu Tuban / Mila Lishowabi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran debat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 di MA Manbail Futuh Jenu Tuban / Mila Lishowabi

Lishowabi, Mila (2018) Penerapan model pembelajaran debat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 di MA Manbail Futuh Jenu Tuban / Mila Lishowabi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lishowabi Mila. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Debat Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS -3 di MA Manbail Futuh Jenu Tuban. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Dra. Yuswanti A.W M.Si. Kata Kunci peningkatan keterampilan berpikir kreatif model pembelajaran debat Berdasarkan hasil wawancara yang dilaksanakan peneliti pada tanggal 28 Desember 2016 dengan guru mata pelajaran Geografi di MA Manbail Futuh diperoleh gambaran kondisi siswa kelas XI IPS 3 MA Manbail Futuh bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa masih rendah. Faktor penyebabnya adalah strategi pembelajaran Geografi yang dilaksanakan di kelas XI IPS-3 MA Manbail Futuh Jenu Tuban masih berpusat kepada guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian penerapan model pembelajaran ini salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran debat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapan model pembelajaran debat keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XIIPS-3 di MA Manbail Futuh Jenu Tuban mengalami penurunan atau peningkatan. Subyek penelitiannya adalah 36 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian sejumlah 4 soal. Teknik pengumpulan data meggunakan hasil tes keterampilan berpikir kreatif. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan nilai rata-rata siklus I dan siklus II lalu dipersentasikan dengan cara mengurangi nilai rata-rata siklus II dengan nilai rata-rata silus I kemudian dibagi dengan nilai rata-rata siklus satu dikalikan 100 % untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata nilai adalah 74 19 dan pada siklus II rata-rata nilai adalah 86 08. Peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 11 89 atau mencapai 16 2 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran debat dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Peneliti memberikan saran kepada sekolah agar menganjurkan para guru mata pelajaran menggunakan model debat untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Saran dari peneliti untuk guru adalah guru dianjurkan menerapkan model pembelajaran debat kepada kelas-kelas yang belum pernah diterapkan model pembelajaran debat. bagi peneliti selanjutnya adalah penelitian ini dapat digunakan untuk bahan perbandingan dalam mengevaluasi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53638

Actions (login required)

View Item View Item