Wijiantoro (2017) Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan geografi siswa kelas X IPS SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur / Wijiantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Wijiantoro. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Inquiry Terbimbing Keterampilan Geografi Penggunaan bermacam-macam model pembelajaran dapat meningkatkan kualitas berpikir dan keterampilan para siswa. Untuk dapat mencapai kualitas berpikir dan keterampilan para siswa guru perlu merencanakan suatu model pembelajaran yang didalamnya melibatkan keaktifan siswa. Model pembelajaran yang dapat melibatkan keaktifan siswa salah satunya yaitu model pembelajaran inquiry terbimbing. Model pembelajaran inquiry terbimbing merupakan kegiatan belajar yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki suatu permasalahan secara sistematis logis dan analitis. Penggunaan model pembelajaran inquiry terbimbing disesuaikan dengan materi geografi yang merupakan mata pelajaran yang membutuhkan keterampilan siswa karena materi-materinya mengandung konsep pendekatan prinsip aspek maupun manfaat yang sifatnya konkret dan abstrak. Oleh karena itu diperlukan inovasi-inovasi dalam melaksanakan pembelajaran aktif dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan geografi siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) yang menggunakan desain pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas X IPS 6N2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 6O2 sebagai kelas kontrol. Pengukuran keterampilan geografi siswa menggunakan 5 soal esai yang dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi uji normalitas homogenitas dan uji hipotesis menggunakan perhitungan uji t atau Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan geografi siswa. Hasil tersebut dapat dilihat pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata-rata gain score siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan perlakuan pada proses pembelajarannya. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan geografi siswa kelas X IPS SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53637 |
Actions (login required)
View Item |