Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dearga Eraldi Wriasumitra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dearga Eraldi Wriasumitra

Wriasumitra, Dearga Eraldi (2017) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dearga Eraldi Wriasumitra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wriasumitra Dearga Eraldi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata kunci Group Investigation Kemampuan Memecahkan Masalah Pendekatan saintifik merupakan kekuatan utama dalam kurikulum 2013. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik mendorong siswa melakukan penyelidikan untuk menemukan fakta dari sebuah fenomena sehingga pembelajaran ini membutuhkan kemampuan memecahkan masalah untuk penyelesaiannya. Model Pembelajaran Group Investigation merupakan model pembelajaran yang berlandaskan pada pendekatan saintifik. Model Group Investigation dirasa sesuai karena fokus utama pembelajaran ini untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik atau objek khusus yang membuat siswa lebih termotivasi untuk menemukan masalah beserta pemecahannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Group Investigation terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian berjumlah 63 siswa dengan rincian 31 siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal tes essai pretest dan posttest berdasarkan indikator kemampuan memecahkan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pengaruh model Group Investigation dibuktikan dengan nilai gainscore kelas eksperimen sebesar 15 46 sedangkan kelas kontrol hanya 10 64. Model pembelajaran Group Investigation memiliki kelebihan mendorong siswa untuk belajar lebih aktif dan lebih bermakna. Artinya siswa dituntut selalu berpikir tentang suatu persoalan dan mereka mencari sendiri cara penyelesaiannya sehingga bisa lebih meningkatkan minat dan kemampuan memecahkan masalah siswa. Saran yang diajukan untuk guru adalah menjadikan model Group Investigation sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengujicobakan model Group Investigation pada materi berbeda dan mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap kemampuan memecahkan masalah dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari model Group Investigation. ABSTRACT Wriasumitra Dearga Eraldi. 2017. The Effect of Group Investigation (GI) Learning Model Against Problem Solving Skills of the Class XI IPS Students of SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Thesis Geography Department Faculty of Social Science Universitas Negeri Malang. Advisers (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Keywords Group Investigation Problem Solving Skills The scientific approach is a major force in the 2013 curriculum. Learning by scientific approach encourages students to investigate to discover the facts of a phenomenon so this learning requires problem-solving skills for completion. The Group Investigation Learning Model is a learning model based on a scientific approach. The Group Investigation model is appropriate because the main focus of this lesson is to investigate a specific topic or object that makes students more motivated to find the problem and its own solutions. This study aims to determine the effect of using Group Investigation model to problem solving skills. The design of this study is a quasi experiment with nonequivalent control group design research design. The subjects were 63 students with 31 students of class XI IPS 4 as control class and 32 students of class XI IPS 3 as experimental class. The instrument used for data collection is a matter of pretest and posttest essay test which each item contains problem solving indicator. The data analysis technique uses a t-test with SPSS 16.0 for Windows. The results of this study indicate the effect of the Group Investigation study model on the skills to solve the problems of students of class XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. The effect of Group Investigation model is evidenced by experimental class gainscore value of 15.46 while control class is only 10.64. The Group Investigation learning model has the advantage of encouraging students to learn more actively and more meaningfully. This means that students are required to always think about a problem and they seek their own in completion so that it can further increase the interest and ability to problem solving skills. The proposed suggestion for teachers is to make the Group Investigation model an alternative learning model to improve problem-solving skills. The suggestion for further research is to pilot the Group Investigation model on different materials and combine it with the more varied learning media so that it looks a great influence on the problem solving ability and gain greater benefit from the Group Investigation model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53636

Actions (login required)

View Item View Item