Komparasi pengaruh model pembelajaran generatif dan model pembelajaran core terhadap kemampuan menerapkan konsep geografi siswa kelas XI MA Almaarif Singosari / Faisol Fattahillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Komparasi pengaruh model pembelajaran generatif dan model pembelajaran core terhadap kemampuan menerapkan konsep geografi siswa kelas XI MA Almaarif Singosari / Faisol Fattahillah

Fattahillah, Faisol (2017) Komparasi pengaruh model pembelajaran generatif dan model pembelajaran core terhadap kemampuan menerapkan konsep geografi siswa kelas XI MA Almaarif Singosari / Faisol Fattahillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fattahillah Faisol. 2016. Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dan Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep Geografi Siswa Kelas XI MA Almaarif Singosari. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Drs. Didik Taryana M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Generatif CORE Kemampuan Menerapkan Konsep Geografi Kemampuan menerapkan konsep geografi perlu diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA). Meningkatkan kemampuan menerapkan konsep geografi membutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Generatif dan CORE merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menerapkan konsep pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penerapan model pembelajaran Generatif dengan CORE terhadap kemampuan menerapkan konsep geografi siswa kelas-XI MA Al Maarif Singosari serta mengetahui mana yang lebih tinggi nilai kemampuan menerapkan konsep geografi siswa kelas XI MA Al Maarif Singosari antara model pembelajaran Generatif dengan CORE. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu yaitu posttest control group design dengan dua kelas eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPS 1 (eksperimen 1) mendapat perlakuan model pembelajaran Generatif dan kelas XI IPS 2 (eksperimen 2) mendapat perlakuan model pembelajaran CORE. Instrumen penelitian berupa soal essai tes kemampuan menerapkan konsep yang diberikan setelah perlakuan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t yang dapat diselesaikan dengan bantuan program SPSS 16 00 for Windows. Hasil analisis data diketahui bahwa 77.77 adalah rata-rata kemampuan menerapkan konsep geografi siswa pada kelas eksperimen 1 sedangkan 73.11 adalah rata-rata kemampuan menerapkan konsep geografi siswa pada kelas eksperimen 2. Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0 018. Jadi nilai signifikansi 0 018 0 025 maka H0 ditolak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menerapkan konsep geografi menggunakan model pembelajaran Generatif dengan CORE dan nilai kemampuan menerapkan konsep geografi siswa kelas XI MA Al Maarif Singosari yang menggunkan model pembelajaran Generatif lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran CORE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53634

Actions (login required)

View Item View Item