Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran geografi siswa kelas X SMAN 9 Malang / Moch. Hafi Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran geografi siswa kelas X SMAN 9 Malang / Moch. Hafi Wardana

Wardana, Moch. Hafi (2017) Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran geografi siswa kelas X SMAN 9 Malang / Moch. Hafi Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Moch Hafi Wardana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Geografi Siswa Kelas X Sman 9 Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sumarmi M.Pd dan Drs. Marhadi Slamet Kristiyanto M.Si Kata Kunci Model pembelajaran discovery kemampuan berpikir tingkat tinggi Discovery merupakan jenis model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan soal tes yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi. Rancangan penelitian ini adalah two-group pretest-posttest purposive sampling dengan dua kelas eksperimen. Hasil analisis dengan menggunakan uji-t menunjukan nilai signifikansi sebesar 0 003. Jadi nilai signifikansi 0 003 0 025 maka terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa dengan model pembelajaran discovery dan pembelajaran konvensional. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata peningkatkan skor kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas eksperimen adalah 30 sedangkan rata-rata peningkatan nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas kontrol adalah18 4. Dengan demikian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan model pembelajaran discovery lebih tinggi dibanding siswa dengan model pembelajaran konvensional. Disarankan agar menganjurkan kepada guru geografi untuk menerapkan model pembelajaran discovery dalam kegiatan pembelajaran model pembelajaran ini tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas tetapi juga bisa dilakukan di luar kelas. Dengan adanya fasilitas penunjang siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53628

Actions (login required)

View Item View Item