Penerapan model pembelajaran time token arends pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Tulungagung / Eka Novi Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran time token arends pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Tulungagung / Eka Novi Indriani

Indriani, Eka Novi (2017) Penerapan model pembelajaran time token arends pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Tulungagung / Eka Novi Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indriani Eka Novi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Tulungagung. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Syamsul Bachri S.Si M.Sc. Ph.D. Kata Kunci ModelTime Token Arends Keaktifan BelajarSiswa Berdasarkan observasi padatanggal 13-14Januari 2016 di SMAN 1 Tulungagung guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk mata pelajaran geografi sehingga kelastidakkondusifdanhanya didominasiolehsiswaaktif.Penelitimenyimpulkanbahwakeaktifanbelajarsiswa di kelasinitergolongrendah.Penelitimemberikansolusidenganmenggunakanmodel Time Token Arends.Model pembelajaranTime Token Arendsmerupakansalahsatusaranauntukmenyalurkanbakatberbicarasiswaaktif agar mempunyaibatasanpositifdanmenumbuhkan rasa toleransipadasiswa lain.Jadi RumusanmasalahdaripenelitianiniadalahApakahpenerapan model pembelajaranTime Token ArendsdapatmeningkatkankeaktifansiswapadamatapelajarangeografikelasX-6SMA Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan rincian prosedur penelitian yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus siklus I dengan dua pertemuan dengan materi konsep hidrologi dan perairan darat dan siklus II dengan duapertemuan dengan materi perairan laut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui persentase dari peningkatan keaktifan belajar siswa pada pra tindakan siklus I dan siklus II antara lain persentase keaktifan belajar siswa pada pra tindakan hanya 4 24% kemudian meningkat 61 82% menjadi 66 06% pada siklus I kemudian mengalami peningkatan 23 64% menjadi 89 70% pada siklus II. Peningkatan ini dilihat dari penilaian komponen-kompenen keaktifan siswa yaitu bertanya menjawab berpendapat menyanggah mencatat. Dari kelima komponen tersebut dapat diketahui peningkatan keaktifan belajar pada setiap siklus.Melalui dua siklus yag telah dilakukan dapat diketahui bahwa model Time Token Arendsdapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase keaktifan belajar siswa. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah dalam melaksanakan model pembelajaran Time Token Arends guru harus selalu dapat mengontrol waktu dan kondisi kelas agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Untuk peneliti selanjutnya dapat menerapkan model Time Token Arends ini untuk mengukur aspek-aspek yang lain misalnya hasil belajar motivasi atau prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53624

Actions (login required)

View Item View Item