Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XII IPS 1 MA Assalam Jambewangi Selopuro Blitar / Indah Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XII IPS 1 MA Assalam Jambewangi Selopuro Blitar / Indah Rahayu

Rahayu, Indah (2017) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XII IPS 1 MA Assalam Jambewangi Selopuro Blitar / Indah Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Indah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 MA Assalam Jambewangi Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si. Kata kunci hasil belajar model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Peningkatan mutu pendidikan perlu adanya perubahan pembelajaran yang ada pada sekolah dengan menggunakan model pembelajaran. Pada pembelajaran di kelas XI IPS 1 MA Assalam Jambewangi Blitar belum menggunakan model pembelajaran yang di dalamnya terdapat interaksi satu sama lain. Berdasarkan hasil observasi hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 MA Assalam Jambewangi Blitar masih rendah. Faktor penyebabnya antara lain lain guru geografi tidak menggunakan model pembelajaran dan rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran geografi. Alternatif yang dapat dilakukan guru yaitu menggunakan model pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran kelompok yaitu pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mengetahui apakah STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1. Instrumen yang digunakan antara lain wawancara untuk guru lembar catatan lapangan lembar observasi keterlaksanaan penerapan STAD dan dokumen pembelajaran STAD. Dokumen pembelajaran STAD berisi (1) LKS (2) Tes (3) hasil skor kemajuan individual dan (4) hasil skor tim. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 41 67% pada siklus I menjadi 83 33% pada siklus II. Ini berarti mengalami peningkatan sebesar 41 66%.. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa di akhir siklus I sebesar 69 44 dan pada siklus II sebesar 83 33. Saran yang diajukan untuk kepala sekolah adalah perlunya penyediaan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektifitas pembelajaran. Sedangkan bagi guru disarankan untuk menggunakan STAD sebagai model pembelajaran alternatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53623

Actions (login required)

View Item View Item