Kurnia, Dema (2017) Penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI IIS 1 SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang pada mata pelajaran geografi / Dema Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Kurnia Dema. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI IIS 1 SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang Pada Mata Pelajaran Geografi Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata kunci kemampuan berpikir analisis model pembelajaran inquiry terbimbing. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diperoleh gambaran kondisi siswa di kelas XI IIS 1 SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Kemampuan analisis siswa yang masih tergolong rendah baik secara lisan maupun tertulis. Hanya 8% siswa yang mampu menjawab soal analisis secara lisan sisanya 91%. Tes tertulis (UAS semester ganjil) masih ditemukan 87% siswa yang belum tuntas KKM. Kelas ini memiliki nilai rata-rata paling rendah daripada kelas lainnya. Faktor penyebabnya adalah terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan saat guru mengajar. Pada saat pembelajaran berlangsung masih menggunakan ceramah sehingga kurang tepat pada saat proses pembelajaran geografi. Beberapa siswa ada yang berbicara dengan teman sebangku pada waktu proses pembelajaran dan siswa tidak terbiasa dengan pemberian soal dengan ranah analisis (C4). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI IIS 1 SMAN 1 Kepanjen. Jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Subyek penelitian ini adalah 24 siswa kelas XI IIS 1 SMAN 1 Kepanjen dengan materi disemester genap yaitu Lingkungan Hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai tes kemampuan berpikir analisis pada siklus I dan siklus II. Hasil tes diperoleh peningkatan di setiap indikator kemampuan analisis. Indikator yang mengalami peningkatan tertinggi adalah Membedakan hubungan sebab akibat dari beberapa peristiwa pada siklus I sebesar 73 97 menjadi 85 35 dengan persentase peningkatan 11 38%. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analisis pada siklus I yaitu 77 menjadi 85 16 pada siklus II. Persentase peningkatan pada penelitian ini sebanyak 10 59%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai tes dari siklus I ke siklus II. Saran yang diajukan pada guru adalah untuk menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing sebagai salah satu model pembelajaran alternatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53620 |
Actions (login required)
View Item |