Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran geografi kelas X IPS 3 SMAN 2 Kota Batu / Yohanes Baptista Daut - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran geografi kelas X IPS 3 SMAN 2 Kota Batu / Yohanes Baptista Daut

Daut, Yohanes Baptista (2017) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran geografi kelas X IPS 3 SMAN 2 Kota Batu / Yohanes Baptista Daut. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Daut B. Yohanes. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Geografi Kelas X IPS 3 SMAN 2 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (2) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Kemampuan berpikir kritis Berdasarkan hasil observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di SMAN 2 Batu diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi tergolong masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa yang menunjukan siswa kurang mampu memecahkan masalah yang ada dalam artikel. Hal ini disebabkan karena guru sering menggunakan model pembelajaran dimana siswa berusaha untuk menghafal materi. Sehingga siswa kurang mengolah pemikirannya sendiri. Model pembelajaran yang kemudian ditawarkan untuk mengatasi rendahnya tingkat berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran geografi di kelas X IPS 3 SMAN 2 Batu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan pada kelas X IPS 3 dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru lembar observasi kegiatan siswa dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran goegrafi kelas X IPS 3 SMAN 2 Batu. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 68 60% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83 0%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 3 SMAN 2 Batu. Maka dari kesimpulan tersebut disarankan kepada guru bidang studi untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta dapat dijadikan landasan untuk melakukan penelitian sejenis di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53616

Actions (login required)

View Item View Item