Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video dalam materi hidrosfer untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 3 di SMA Negeri 1 Kandat Kediri / Sulusy Audia Zulkha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video dalam materi hidrosfer untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 3 di SMA Negeri 1 Kandat Kediri / Sulusy Audia Zulkha

Zulkha, Sulusy Audia (2017) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video dalam materi hidrosfer untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 3 di SMA Negeri 1 Kandat Kediri / Sulusy Audia Zulkha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulkha Sulusy Audia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Materi Hidrosfer Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X IPS 3 Di SMAN 1 Kandat Kediri. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd. M.Si. (II) Ardyanto Tanjung S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Analitis Pada kelas X IPS 3 SMAN 1 Kandat Kediri terdapat beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut yaitu siswa menjawab pertanyaan tingkat C4 yang diajukan dengan jawaban tingkatan C2. Siswa mengalami kesulitan menganalisis dampak efek rumah kaca pada lapisan atmosfer. Rata-rata siswa menjawab berdampak pada lapisan ozon. Pada nilai ulangan harian siswa hanya 15 siswa yang tuntas dari 37 siswa. Interaksi yang terjadi pada saat pembelajaran hanya satu arah yaitu guru dengan siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah nyata di lingkungan sekitar sebagai pokok bahasan pembelajarannya. Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh siswa sehingga akan mendorong perkembangan kemampuan berpikir analitis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data kemampuan berpikir analitis siswa menggunakan soal tes. Pelaksanaan tes dilakukan setiap akhir siklus. Tes yang digunakan menggunakan 4 soal esai. Penyusunan soal tes menggunakan indikator kemampuan berpikir analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis siswa meningkat pada setiap siklusnya. Sebelum penelitian dilakukan rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siswa sebesar 69 81. Setelah dilakukan siklus I rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siswa meningkat menjadi 70 78. Pada siklus II rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa meningkat menjadi 85 02. Secara keseluruhan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Kandat meningkat sebesar 20 11%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Kandat Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53615

Actions (login required)

View Item View Item