Mukti, Danang Prasetyo (2017) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik mata pelajaran geografi SMA mNegeri Ngoro Kabupaten Jombang / Danang Prasetyo Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Mukti Danang Prasetyo. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri Ngoro Kabupaten Jombang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H. M.Pd. M.Si (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation Kemampuan Berpikir Analitis Hasil belajar geografi siswa SMA belum menunjukkan kemampuan berpikir analitis tinggi. Hal tersebut dikarenakan kegiatan belajar mengajar geografi belum menunjukkan proses yang mengajak siswa untuk berpikir dan mengeksplorasi serta pembelajaran lebih banyak materi ajar dalam ranah kognitif pengetahuan dan pemahaman sedangkan analisis evaluasi dan sintesis kurang mendapatkan perhatian. Upaya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran geografi yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa yaitu Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahmodel pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitissiswa kelas X IPS SMANegeriNgoro. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal esai dengan jumlah lima butir soal yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS SMANegeri Ngoro. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 14 71 untuk kelas eksperimen dan 10 37untuk kelas kontrol. Pada hasil uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0.002 atau dengan kata lain nilai sig. (2-tailed)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53611 |
Actions (login required)
View Item |