Prastiawan, Aries (2017) Penerapan model time token arrends untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sswa dalam pembelajaran geogafi materi hidrosfer kelas X 7 MA Al Ma'arif Singosari / Aries Prastiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prastiawan Aries. 2017. Penerapan Model Time Token Arrends untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X 7 MA Al Ma arif Singosari. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si Kata kunci Time Token Arrends Minat Belajar Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di MA AL MA ARIF Singosari terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran. Minat belajar siswa pada kelas X 7 rendah. Hal ini terlihat saat pembelajaran beberapa siswa yang duduk di deretan belakang kurang fokus dan tidak aktif berpartisipasi dalam pembelajaran tidak hanya minat yang rendah tetapi hasil belajar siswa di kelas X 7 juga rendah. Hal ini diketahui dari nilai pra tindakan kelas X 7 rata-rata nilainya 75 36 diantaranya 18 siswa yang tuntas sesuai dengan KKM dan 29 siswa tidak tuntas dengan nilai di bawah KKM. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Time Token Arrends. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dengan menggunakan model Time Token Arrends. Penelitian dilakukan di MA Al Maarif Singosari Kabupaten Malang yang jumlah siswanya adalah 47 siswa. Data dalam penelitian ini adalah data minat dikumpulkan dengan memberikan lembar angket dan data hasil belajar siswa dengan memberikan tes. Analisis data dilakukan dengan membandingkan rata-rata minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa minat belajar dan hasil belajar geografi siswa kelas X 7 MA Al Maarif Singosari telah mengalami peningkatan. Rata-rata nilai minat belajar pra tindakan 53 28 mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan siklus I 65 72 dan pada tindakan siklus II meningkat lagi 76 60. Sejalan dengan minat hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Dari nilai hasil belajar pra siklus 75 36 meningkat pada siklus I 78 70. Peningkatan tersebut s 3 34. Dari siklus I 78 70 ke siklus II meningkat 85 10. Peningkatan tersebut sebesar 6 4. Berdasarkan paparan tersebut dapat dikatakan bahwa pemberian tindakan dengan model Time Token Arrends telah berhasil. Berhasilnya penelitian karena adanya peningkatan pada minat maupun hasil belajar siswa di kelas X 7 MA Al Maarif Singosari Kabupaten Malang. Peningkatan tersebut terlihat dari perbandingan skor pra tindakan siklus I dan siklus II. ABSTRACT Prastiawan Aries. 2017. Application of the Time Token Arrends Model for Increasing Interest and Learning Outcomes of Students in Geography Learning of Materials Hidrosfer in Class X7 MA Al Ma arif Singosari. Thesis Department of Geography Education Faculty of Social Sciences State University of Malang. Advisor (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si Keywords Time Token Arrends Learning Interest Learning Outcomes Based on the observations in MA AL MA ARIF Singosari there are problems in the learning process. Student interest in low grade X 7. This is seen when the learning of some students who sit in the back row is less focused and inactive or less participate in learning not only low interest but student learning outcomes in class X 7 is also low. It is known from the value of the pre-action class X 7 average value of 75.36 of which 18 complete students in accordance with the determined KKM and 29 students are not completed with the value under the determined KKM. Efforts made to overcome these problems is to apply the learning model Time Token Arrends. The type of research used is classroom action research. The purpose of this study is to improve student learning interest and student learning outcomes on geography subjects by using Time Token Arrends model. The study was conducted in MA Al Maarif Singosari Malang Regency which the number of students is 47 students. The data in this research is the data of interest collected by giving the questionnaire and data of student learning result by giving the test. Data analysis was done by comparing the average of student s interest and learning outcomes by using tables and graphs. Based on the results of the study note that interest in learning and learning outcomes geography of students of grade X 7 MA Al Maarif Singosari has increased. The average pre-action learning interest score of 53.28 increased after the first cycle of action was 65.72 and on the second cycle action increased again by 76.60. In line with interest student learning outcomes also experience an increase in each cycle. From the value of pre-cycle learning results of 75.36 increase in the first cycle of 78.70. The increase was 3.34. From cycle I (78 70) to cycle II increased by 85 10. The increase was 6.4. Based on the exposure it can be said that giving action with Time Token Arrends model has been successful. The success of the study due to an increase in interest and student learning outcomes in the class X 7 MA Al Maarif Singosari Malang Regency. The increase is seen from the comparison of pre-action scores cycle I and cycle II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |