Hubungan antara minat memilih program lintas minat geografi dengan hasil belajar siswa SMA Negeri se-Kota Malang / Aditya Wisnu Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara minat memilih program lintas minat geografi dengan hasil belajar siswa SMA Negeri se-Kota Malang / Aditya Wisnu Pratama

Pratama, Aditya Wisnu (2017) Hubungan antara minat memilih program lintas minat geografi dengan hasil belajar siswa SMA Negeri se-Kota Malang / Aditya Wisnu Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Aditya Wisnu. 2016. Hubungan Antara Minat Pemilih Program Lintas Minat Geografi Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Se-Kota Malang Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si. Kata Kunci Minat Lintas Minat Hasil Belajar Setiap siswa memiliki potensi dan minat serta karakteristik diri. Proses menyelenggarakan pendidikan harus sesuai potensi minat dan karakteristik anak menjadi sebuah keharusan untuk mengembangkan potensi mereka. Lintas minat merupakan bagian dari peminatan yang ada pada kurikulum 2013. Pemilihan pelajaran lintas minat yang dilakukan oleh siswa sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak luar akan mempengaruhi hasil belajar siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara minat pemilih program lintas minat geografi dengan hasil belajar siswa SMA Negeri se-kota Malang.Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto jenis correlational research study. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif korelasioanal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Negeri se-Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket untuk melihat besarnya minat siswa dan dokumentasi hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product-Moment Pearson menggunakan bantuan SPSS 18.0 For Windows. Taraf sinifikansi uji hipotesis Korelasi Product-Moment Pearson sebesar 0 00. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahawa Temuan hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan signifikan antara minat pemilih dengan hasil belajar siswa. Hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri se-Kota Malang diduga didasari faktor Ketertarikan yang menurut peneliti menjadi alasan pendukung dari hubungan signifikan yang positif antara minat pemilih dengan hasil belajar. Berdasarkan temuan penelitan untuk meningkatkan minat siswa dalam memilih program lintas minat geografi guru atau sekolah harus memberikan sosialisasi pentingnya belajar geografi agar siswa tertarik untuk memilih program lintas minat geografi. ABSTRACT Pratama Aditya Wisnu. 2016. Relationships Between the Interests of Voters in Cross-Interest GeographyWith Student Learning Outcomes SMA as the City of Malang. Thesis Departement of Geography Faculty of Social Science Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Marhadi SlametKistiyanto M.Si Keywords Interest Traffic Interests Learning Outcomes Each student has the potential and interests and personal characteristics. The process of education should correspond interests and characteristics of children becomes a necessity to develop their potential. Cross-interest is part of the existing specializations in curriculum in 2013. Selection of cross-interest lessons conducted by the students themselves without any coercion from outside will affect student learning outcomes themselves. This study aims to determine a relationship between interest voter interest across geography program with student learning outcomes SMA as the city of Malang. This study is a kind of ex-post facto correlational research study. This study uses a quantitative approach. This type of research is descriptive type korelasioanal. The subjects were students of class X and XI in SMA as the city of Malang. The data collection is done by giving a questionnaire to see the great interest of students and student learning outcomes documentation. Analysis of the data used is the Pearson Product-Moment Correlation using SPSS 18.0 for Windows. significance test of hypothesis Pearson Product-Moment Correlation of 0.00. indicate where the results showed no significant correlation between the interests of voters with student learning outcomes. Significant relationships between the interests of voters with student learning outcomes SMA as the city of Malang allegedly constituted interest factor which according to researchers is the reason supporters of a significant positive relationship between the interests of voters with learning outcomes. Based on the research findings to increase students interest in choosing a program of cross interest in geography teacher or school provides socialization importance of geography to make students interested in learning to select courses of interest across geographies.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53606

Actions (login required)

View Item View Item