Pengembangan media pembelajaran pada materi mitigasi bencana menggunakan animasi player / Dika Iqbal Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pada materi mitigasi bencana menggunakan animasi player / Dika Iqbal Pratama

Pratama, Dika Iqbal (2017) Pengembangan media pembelajaran pada materi mitigasi bencana menggunakan animasi player / Dika Iqbal Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Dika Iqbal. 2017. Pengembangan media pembelajaran pada materi mitigasi bencana menggunakan animasi flash player. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Animasi Mitigasi bencana Perkembangan media pembelajaran semakin beragam seiring kemajuan teknologi. Penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat dirasa dapat membangkitkan motivasi keinginan dan minat belajar yang baru bagi siswa. Media pembelajaran berbasis animasi bisa menjadi salah satu pilihan dalam pembelajaran. Media berbasis animasi juga mampu menampilkan gambaran fenomena yang ada. Materi mitigasi bencana merupakan materi yang sesuai menggunakan media berbasis animasi untuk menyajikan proses mitigasi bencana. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran materi mitigasi bencana menggunakan flash player. Melalui media pembelajaran menggunakan flash player ini siswa dapat melihat proses mitigasi bencana yang disajikan dalam bentuk animasi yang menarik. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Prosedur pengembangan media pembelajaran yang digunakan ada beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan perencanaan pengembangan produk validasi ahli revisi ujicoba produk distribusi hasil produk. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang berkompetensi dalam bidangnya. Hasil validasi dari kedua ahli berupa rekomendasi terhadap kekurangan dari media pembelajaran. Ujicoba produk dilakukan pada 20 orang siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Batu. Tujuan ujicoba ialah untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran. Berdasarkan rekomendasi ahli secara umum media telah valid namun ada beberapa saran perbaikan meliputi tampilan dan materi dari media. Hasil ujicoba berdasarkan tingkat kemenarikan dari 10 item pertanyaan sebanyak 9 pertanyaan berklasifikasi menarik dan 1 pertanyaan berklasifikasi cukup menarik. Total skor hasil ujicoba adalah 515 dengan persentase 85 83%. Sehingga dapat dikatakan media pembelajaran ini menarik. Penelitian pengembangan ini masih banyak kekurangan salah satunya pengembangan hanya terbatas pada mitigasi bencana erupsi gunung api. Disarankan untuk pengembang selanjutnya membuat media dengan sub bab yang lain. Untuk guru Geografi disarankan menggunakan media pembelajaran ini untuk mempermudah siswa dalam memahami materi mitigasi bencana khususnya erupsi gunung api. ABSTRACT Pratama Dika Iqbal. 2017. Development of learning media on disaster mitigation materials using flash player animation. Sarjana s Thesis Department of Geography Education Faculty of Social Sciences State University of Malang. Adviser (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Key Words Learning Media animation disaster mitigation The development of learning media is increasingly diverse as technology advances. The use of media in the learning process is actually able to generate motivation desire and interest in learning something new for students. An animated learning media can be an option in learning. Media-based animation is also able to display the picture of existing phenomena. Disaster mitigation material is an appropriate material using animation-based media to present the disaster mitigation process.The purpose of this research and development are to develop the learning media of disaster mitigation material using flash player. Through learning media using this flash player students can see the disaster mitigation process presented in the form of an interesting animation. The research and development of this learning media use the development model of Borg and Gall. There are several phases used in learning media development procedure there are needs analysis planning product development expert validation revision product testing product distribution. Validation of instructional media is done by media experts and material experts who are competent in their field. The validation results of both experts in the form of recommendations against the lack of learning media. Product trials conducted on 20 students of class X IPS 4 SMA Negeri 1 Batu. The purpose of the trial is to know the students interest in the learning media. Based on the experts recommendation actually the media has already valid but there are some suggestions of improvement include the appearance and material of the media. The results based on the level of attractiveness of the 10 items of questions as many as 9 have classified interesting questions and 1 classified quite interesting question. Total score of test result is 515 with percentage 85 83%. So it can be said this learning media is interesting. This research development still have many shortcomings one of them is about the development which is limited to the mitigation of volcanic eruption disaster. It is recommended for developers to subsequently create media with other sub-chapters. For Geography teachers are advised to use this learning media to facilitate students in understanding disaster mitigation materials especially volcano eruption.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53605

Actions (login required)

View Item View Item