Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar siswa SMA / Riza Nur Hayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar siswa SMA / Riza Nur Hayati

Hayati, Riza Nur (2017) Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar siswa SMA / Riza Nur Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hayati Riza Nur. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Minat Belajar Siswa SMA. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Dr. Budi Handoyo M.Si Kata kunci Model pembelajaran TGT minat belajar Geografi Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang mampu meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah dan meningkatkan minat belajar siswa. Model pembelajaran TGT mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Minat merupakan hal penting dalam proses pembelajaran karena itu penelitian ini menggunakan minat sebagai variabel terikat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu/quasi eksperiment. Penelitian dilakukan di dua kelas yaitu kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 3 sebagai kelas kontrol. Pengukuran minat belajar siswa menggunakan angket yang dibuat berdasarkan indikator minat yaitu perasaan senang ketertarikan dan perhatian. Kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran TGT sedangkan kelas kontrol menggunakan kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap minat belajar siswa kelas X SMAN 1 Lawang. Data minat siswa diperoleh dari angket yang diberikan pada siswa sebanyak dua kali. Angket pertama untuk mengetahui minat awal siswa dan angket kedua untuk mengetahui minat akhir siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata minat awal kelas kontrol adalah 72 5 dan kelas eksperimen adalah 73 3. Rata-rata minat awal kedua kelas hampir sama tetapi rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi 0 8. Rata-rata minat akhir kelas kontrol 77 93 dan kelas eksperimen 84 03. Terjadi peningkatan minat pada kedua kelas tetapi peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi. Hasil analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat untuk uji hipotesis. Hasil uji normalitas adalah 0 973 dan 0 987 sedangkan hasil uji homogenitas adalah 0 797 dan 0 53. Setelah uji prasyarat dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi 0 000. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0 05 sehingga H0 ditolak. Terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap minat belajar siswa SMAN 1 Lawang. Pelaksanaan model pembelajaran TGT memiliki beberapa kelemahan karena itu guru disarankan lebih memperhatikan alternatif atau kegiatan untuk kelompok yang menyelesaikan turnamen lebih dulu agar tidak menunggu lama dan merasa jenuh atau membuat kelas menjadi gaduh. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah pembagian kelompok harus adil agar terlihat perubahannya. Variabel terikat yang diteliti dapat dikembangkan contohnya tentang hasil belajar motivasi berpikir analitis aktivitas belajar siswa dan sebagainya. ABSTRACT Hayati Riza Nur. 2017. The Effect of Teams Games Tournament Learning Model towards the Learning Interest of Senior High School Students. Thesis Department of Geography Faculty of Social Sciences Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Dr. Budi Handoyo M.Si Keywords Teams Game Tournament Learning Models Geographical Learning Interest Teams Games Tournament (TGT) is a cooperative learning model which can improve student s ability to solve the problems and raising the Learning Interest of Senior High School Students. Teams Games Tournament learning model can raise the role of the students in learning process. Interest is an important things in learning process so this research using that as the dependents variable. This research is a quasi-experiment which applied in two classes X-social 2 as the experiment class and X-social 3 as the control class. Learning interest is measure by using the questionnaires that are based on interest indicators which is happy feelings interest and attentions. Two classes were given different treatments the experiment class using the Teams Games Tournament learning model and the control class using the lectures and discussions methods. The goals of this research is to know the effect of Teams Games Tournament learning model towards the learning interest of X grade students of Senior High School Lawang. The interest data explored by questionnaires given to the students twice. The first questionnaires to measure the basic interest of the students then the second one is to measure the final interest of the students after applying the Teams Games Tournament learning models. According to data analytics the basic interest of the control class is 72 5 and the experiment class is 73 3. The average interest is almost the same but the gap showing 0 8 greater on experiment class. The final interest of the control class is 77 93 and the experiment class is 84 03. There is an increasing mode for the two classes but the experiment class is much higher. Data analytic in this research is normality test and homogeneity test as the prerequisite for hypothetic test. Normality test showing 0 973 and 0 987 and homogeneity test showing 0 797 and 0 53. The hypothetic test significant at 0 000. Significance result is lower than 0 05 means that basic hypothetic is rejected. There is an effect of Teams Games Tournament learning model towards the learning interest of X grade students of Senior High School Lawang. The implementation of the Teams Games Tournament learning models has some weaknesses so because it is the teachers is suggested to pay more attention the alternative or group activities that complete the tournament first to handle the class s condition. The next suggestion is the division of the group should be fair in order to see the changes. The dependent variable that examined can be developed for example learning outcomes motivation analytical thinking students learning activities and etcetera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53604

Actions (login required)

View Item View Item